Seminar Cinta Tanah Air dan Bela Negara di Prancis

Foto: Acara Seminar "Cinta Tanag Air dan Bela Negara" di Kota Nice, Prancis 

edukasinfo.com | Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Marseille bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris menyelenggarakan Seminar secara luring tentang Cinta Tanah Air dan Bela Negara, pada Sabtu, 24 Juli 2021.


Kegiatan seminar diperuntukkan bagi Pelajar dan Warga Negara Indonesia di Kota Nice dan sekitarnya. Peserta yang hadir mengikuti seminar berjumlah 45 orang dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di Prancis.

Dalam acara seminar yang dilaksanakan secara luring itu, Atdikbud KBRI Paris, Warsito menyampaikan pesannya khusus kepada para pelajar agar memiliki dan selalu memupuk kecintaan dan kebanggan terhadap tanah air dalam jiwa. “Caranya selalu peduli terhadap saudara kita di tanah air, apalagi saat ini sedang berjuang melawan wabah Covid-19,” ujarnya.


Selain munumbuhkan kecintaan terhadap tanah air, Atdikbud KBRI Paris juga mengajak seluruh pemuda Indonesia yang sedang melakukan studi di Prancis untuk terus semangat dalam belajar dan berprestasi. Dengan prestasi tersebut dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata internasional.

”Teruslah semangat belajar dan berprestasi untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional khususnya di Prancis,” ajak Warsito.


Lebih lanjut, Warsito menyampaikan rasa syukurnya sebagai warga Indonesia yang memiliki pengalaman nyata dalam berbagai perbedaan keyakinan, suku, dan bahasa daerah yang hidup dalam kesatuan, sehingga di manapun warga Indonesia berada tetap memiliki jiwa toleransi yang tinggi.

Dalam kesempatan yang sama, Arief Basalamah selaku Konsul Jenderal Marseillle mengungkapkan pentingnya persatuan kesatuan dan kebersamaan bagi semua warga Indonesia yang berada di rantau. Menurutnya, tugas kita saat ini adalah menjaga kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para tokoh bangsa Indonesia.


“Hal ini merupakan amanah yang kita emban bersama dari para tokoh bangsa Indonesia yang saat itu memperjuangkan kemerdekaan,” ucap Arief.

Kegiatan seminar diakhiri dengan acara diskusi perihal perkuliahan, hambatan studi, dan silaturahmi masyarakat Indonesia dengan perwakilan RI di Prancis.

Comments