BKN Perpanjang Masa Pendaftaran Seleksi ASN Tahun 2021


edukasinfo.com | Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) resmi memperpanjang masa pendaftaran seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada portal SSCASN BKN. Keputusan ini dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Ketua Pelaksana Panselnas.

Pendaftaran yang semula berakhir pada tanggal 21 Juli 2021 diperpanjang hingga 26 Juli 2021 pukul 23.59 WIB. Perubahan jadwal tersebut mengacu pada Surat BKN Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 tanggal 19 Juli 2021 perihal Penyesuaian Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun 2021, dimana perubahan ini disampaikan kepada seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah.


Plt. Kepala Biro Humas dan Kerja Sama BKN, Paryono menegaskan bahwa perpanjangan masa pendaftaran ini telah dipublikasikan melalui media sosial BKN dan telah disampaikan kepada seluruh stakeholders BKN. Jadwal tahapan seleksi berikutnya akan ikut mengalami penyesuaian perubahan.

“Perpanjangan waktu pendaftaran ini berlaku untuk seluruh Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang membuka rekrutmen ASN tahun 2021 serta seluruh formasi baik CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Non-Guru” ujar Paryono dikutip dari laman resmi BKN, Senin (19/7).


Sejumlah tahapan yang mengalami penyesuaian yakni pengumuman hasil seleksi administrasi menjadi 2-3 Agustus 2021, masa sanggah selama tiga hari yakni 4-6 Agustus 2021, dan jawab sanggah dari Instansi pada tanggal 4-13 Agustus 2021, dan pengumuman pasca sanggah pada tanggal 15 Agustus 2021.


Untuk jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi untuk PPPK Guru dan PPPK Non-Guru, serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) belum ada perubahan. Panselnas akan menetapkan jadwal seleksi sesuai dengan kebijakan Pemerintah terkait dengan kondisi pandemi Covid-19. Selain itu, BKN juga mengingatkan para pelamar agar tidak menunda penyelesaian proses pendaftaran. 

Comments