Kolaborasi Kemendikbudristek Bersama Pemerintah Daerah untuk Tingkatkan Pendidikan Tinggi di NTT


edukasinfo.com | Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah XV (LLDikti XV), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Dinas Peternakan, Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbagai industri lainnya melakukan kolaborasi dalam meningkatkan pendidikan tinggi melalui program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka (MBKM).

Kolaborasi ini pada dasarnya dilakukan untuk merealisasikan kebijakan MBKM guna mendorong link and match antara pendidikan tinggi dengan berbagai pihak, baik pemerintah daerah maupun dunia usaha dan industri.


Sekretaris LLDikti XV, Ade Erlangga Masdiana berharap kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik, sehingga implementasi dari kebijakan MBKM dapat dirasakan oleh semua pihak. "Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa meningkatkan kompetensi kelulusan," ucap Erlangga dalam kunjungannya di Kantor Dinas Peternakan NTT, di Kupang, pada Rabu (28/07).

Menurut Erlangga, kolaborasi ini sangat penting guna meningkatkan kompetensi kelulusan mahasiswa dan memberdayakan masyarakat di bidang peternakan. “MBKM ini juga memberi ruang kepada dosen dan mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya,” tegasnya.


Adapun terkait dengan rancangan kurikulum, Erlangga menjelaskan bahwa kurikulum dalam program MBKM dapat dirancang bersama dengan Pemerintah Daerah atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Untuk diketahui bersama bahwa Provinsi NTT sendiri dikenal sebagai daerah penghasil ternak dan Pemerintah Daerah Provinsi NTT saat ini sedang menggalakkan berbagai program bersama pendidikan tinggi untuk menjawab berbagai permasalah di bidang peternakan.

Comments