Pemprov DKI Jakarta Terima Bantuan 2 Mobil Vaksinasi dari Kemendikbudristek

Ditjen Dikti Kemendikbudristek, Nizam

edukasinfo.com | Dalam rangka mendukung penanganan pandemi Covid-19, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyerahkan bantuan mobil vaksinasi dan laboratorium tranformasi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pada Selasa , 6 Juli 2021.

Mobil vaksinasi ini sendiri merupakan karya peneliti dari Universitas Prasetya Mulya. Mobil ini dilengkapi dengan fasilitas dua tenda di sayap kanan dan kiri yang berfungsi untuk registrasi vaksinasi sekaligus sebagai ruang tunggu.
Fasilitas lainnya yang terdapat dalam mobil vaksinasi tersebut, seperti hand sanitizer otomatis, lemari pendingin untuk penyimpanan dosis vaksin, tempat duduk untuk melakukan vaksinasi, dan alat UVC yang bertujuan untuk sterilisasi ruangan pasca vaksinasi.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek, Ditjen Dikti, Nizam mengatakan, berbagai inovasi yang dilakukan termasuk pengadaan mobil vaksinasi oleh perguruan tinggi dalam penanganan Covid-19 perlu diapresiasi. Kolaborasi dari berbagai sektor sangat penting dilakukan dalam rangka menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.
"Mudah-mudahan kerja sama ini dapat terus berlangsung demi kepentingan masyarakat luas dan kemajuan bangsa dan negara," ujar Nizam.

Lebih lanjut, Nizam mengungkapkan bahwa semula rencananya mobil vaksinasi ini akan dikirim ke Nusa Tenggara Timur untuk digunakan sebagai alat pembelajaran jarak jauh. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta semakin genting, maka mobil vaksinasi ini dihibahkan ke Pemprov DKI Jakarta. “Mobil vaksinasi bertujuan untuk mengoptimalkan program vaksinasi” tegasnya.
Sementara itu, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman, Suharti berharap kolaborasi antara Ditjen Dikti dengan Pemprov DKI dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat pada penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta.

"Dua tambahan armada ini pasti akan membantu kami untuk hadir memberikan pelayanan vaksinasi kepada wilayah dan kelompok yang lebih luas lagi," ungkap Suharti.

Comments