Program Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran Resmi Diluncurkan

Foto: Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani saat membuka acara peluncuran secara daring.


edukasinfo.com | Dalam rangka meningkatkan kompetensi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Program Guru Belajar Berbagi, Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021-2022.
Peluncuran program dilakukan secara virtual pada Rabu 7 juli 2021. Program ini diselenggaran secara daring mulai 7 Juli sampai dengan 25 Agustus 2021. Jumlah angkatan yang dibuka yakni sebanyak 10 angkatan dengan jumlah materi 32 jam pelajaran (JP). Para peserta yang ingin mengikuti program ini dapat diakses melalui portal gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani mengatakan bahwa, sejumlah sekolah akan menyelenggarakan pembelajaran tahun 2021/2022 sesuai dengan kondisi covid-19 di daerah masing-masing.
Sekolah dapat melaksanakan pembelajaran terbatas dengan mengutamakan prinsip kehati-hatian, kesehatan, dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.

"Oleh sebab itu menjadi penting adanya pembekalan bagi guru dan kepala satuan pendidikan agar lebih siap dalam merencanakan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19" ujar Nunuk Suryani saat membuka acara peluncuran secara resmi mewakili Direktur Jenderal GTK.
Adanya program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah, mengenai pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas, sehingga tercipta pembelajaran yang aman dan nyaman di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto

Sementara itu, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto, mengatakan bahwa sasaran peserta Program Guru Belajar Berbagi, Seri Panduan Pembelajaran adalah semua guru dan kepala satuan pendidikan di semua jenjang. Jumlah peserta yang telah mendaftar hingga tanggal 7 Juli 2021 pukul 07.00 WIB sebanyak 30.149 orang.
Rachmadi menjelaskan, tujuan dari program ini adalah untuk memandu GTK dalam merancang, memfasilitasi, melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran di masa pandemi. Desain kegiatan pada program guru belajar dan berbagi terdiri dari dua tahap.

Tahap pertama, bimbingan teknis (bimtek) melalui visualisasi isi panduan ditambah contoh dan studi kasus. Materi dalam tahap ini adalah Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 sebagai Langkah Kenormalan Baru (6 JP), Kerangka Dasar Pembelajaran (8 JP), Penerapan Praktik Baik Pembelajaran (8 JP), Penjaminan Mutu Pembelajaran (6 JP), dan Asesmen pra/pasca Bimtek (2 JP).
Tahap kedua yakni pengimbasan, dimana peserta yang telah mengikuti bimtek mengajak sesama guru dan/atau sesama kepala satuan pendidikan lainnya untuk mengikuti program bimtek tersebut.

Comments