Indonesia Raih Juara Pada Ajang International RoboBoat Competition 2021

Para peserta lomba IRC 2021

edukasinfo.com | Bangsa Indonesia kembali mendunia. Kali ini giliran para pemuda Indonesia mengharumkan nama Indonesia di mata dunia melalui pagelaran Internasional RoboBoat Competition (IRC) tahun 2021. Ajang ini diselenggarakan secara daring di Florida, Amerika Serikat pada bulan April hingga Juni 2021. Para mahasiswa Indonesia tersebut berhasil menjadi juara pada beberapa kategori utama.

IRC adalah ajang kompetisi tingkat internasional pada bidang kapal tak berawak (kapal robotika) dalam merancang perahu robotik otonom untuk bernavigasi. Kompetisi ini dilaksanakan setiap tahun yang diikuti oleh beberapa tim dari berbagai Negara. Untuk tahun 2021 ini, IRC diikuti oleh 14 peserta dari enam negara.

Sebelumnya, para mahasiswa Indonesia yang berlaga dalam ajang IRC 2021 juga merupakan peraih juara dalam ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional pada tahun 2020 secara daring. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Prestasi inilah yang menjadi modal para mahasiswa bersaing dan menjadi juara dalam ajang IRC 2021.

Ajang IRC tahun 2021 sendiri melombkan tiga kategori diantaranya Technical Design Report, Skill Video, dan Website. Pada kategori skill video menjelaskan teknis dalam bentuk video yang menggambarkan bagaimana cara tim membangun sebuah wahana kapal tanpa awak yang berjalan secara otonom.  

Adapun untuk kategori Technical Design Report menjelaskan teknis secara tulisan berupa naskah yang menggambarkan atau menjelaskan strategi tim dalam membangun wahana untuk menyelesaikan misi dengan baik. Sementara pada kategori Website ditunjukan untuk informasi mengenai tim dan laporan progres ketika tim membangun sebuah wahana mulai dari tahap perancangan hingga pengujian, baik secara langsung diatas air maupun hanya menggunakan perangkat lunak.
Dalam ajang ini kontingen Indonesia yang berhasil meraih Juara diantaranya tim Barunastra dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Juara 1 untuk kategori Website,  Juara 1 kateogri Skill Video (Hull Design) dan Juara 2 kategori Technical Design Report. Sementara, untuk tim Bengawan UV dari Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil meraih Juara 2 pada kategori Skill Video dan Juara 2 kategori Skill Video (Sensor Optimization). Sedangkan tim AMV dari Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih Juara 2 untuk kategori Skill Video (Sensor Optimization).

Dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi selaku Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional mengungkapkan bahwa pemerintah telah berupaya dalam mendorong generasi muda untuk terus berinovasi dan berkreasi sesuai dengan perkembangan industri saat ini. Sehingga hal tersebut dapat melahirkan talenta-talenta muda yang unggul untuk Indonesia maju.

"Semangat kita bersama yang bisa menambah kemampuan serta pengetahuan mereka agar generasi muda terbaik kita dapat berkompetisi pada level yang lebih tinggi," ucap Asep Sukmayadi di Jakarta, pada Kamis (1/7).

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, tim Indonesia melakukan pelatihan secara luring dan daring. Kegiatan lainnya seperti membuat desain, perancangan, rapat, serta konsultasi juga dilakukan secara daring. Untuk pencarian data serta pengujian wahana dilakukan di laboratorium kampus secara luring dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Comments