Pemenang Lomba Kreasi Lagu Pelajar Pancasila 2021


edukasinfo.com | Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi mengumumkan pemenang lomba Kreasi Lagu Pelajar Pancasila (KERLAP) 2021. Ajang ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi peserta didik untuk menuangkan ide dan kreativitasnya dalam berkreasi di masa pandemi ini.


Adapun pemenang pada masing-masing kategori,  yakni juara I kategori kreasi gerak lagu dimenangkan oleh siswa TK Batik PPBI DI Yogyakarta, Atika Zahra Ratifa; kategori video klip animasi dimenangkan oleh siswa SMAN 3 Sukabumi Jawa Barat, Akmal Maulana; kategori cover lagu solo tingkat SD dan SMP dimenangkan oleh siswa PKBM Tunas Harapan Salatiga Jawa Tengah, Shelomita Gasya Amory.

Sementara pada kategori cover lagu solo tingkat  SMA dan Perguruan Tinggi dimenangkan oleh siswa SMAN 2 Madiun Jawa Timur, Bernadeta Salwa Nirina Kaylasari; kategori cover lagu band dimenangkan oleh siswa SMA Labschool Kebayoran DKI Jakarta, Ammara Saskaradevi Cahyadi; dan kategori duet Tiktok dimenangkan oleh Natalia dari Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah.


Atas prestasi ini, Kepala Puspeka, Hendarman dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Ajang ini merupakan wadah untuk mengasah nilai profil Pelajar Pancasila dalam diri generasi muda dan membumikan lagu pelajar Pancasila,” ujar Hendarman pada acara Puncak Apresiasi Kreasi Lagu Pelajar Pancasila (KERLAP) 2021, secara virtual pada Sabtu (17/7).

Pengumpulan karya pada lomba kreasi ini telah berlangsung sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 30 Juni 2021. Peserta yang mengikuti ajang ini berasal dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SLB sederajat, SILN, dan Perguruan Tinggi. Dihimpun dari data Puspeka, jumlah keseluruhan peserta yang mengirimkan karya yang dinyatakan layak setelah proses kurasi, yaitu sebanyak 469 karya dari 528 karya yang masuk yang terdiri dari 32 provinsi di Indonesia.


Untuk penjurian KERLAP terdiri dari unsur internal Puspeka, unit terkait di Kemendikbudristek dan dari dunia seni kreatif, seperti untuk kategori gerak dan lagu, Gianti Giadi (Edukator Tari dan Koreografer), kategori video klip animasi, Keenan Pearce (Founder Stoik Trisula), kategori duet TikTok, Angga Anugrah (Head of Operation TikTok Indonesia), kategori cover lagu solo, Widi Mulia (Aktris dan Penyanyi), Kikan Namara (Penyanyi Lagu Pelajar Pancasila), dan Eka Gustiwana (Pencipta Lagu Pelajar Pancasila), serta kategori cover lagu band yakni Vokalis Band Kotak, Tantri.


Dalam kesempatan itu, Eka Gustiwana dan Kikan Namara selaku Pencipta dan Penyanyi Lagu Pelajar Pancasila merasa sangat terhormat terlibat dalam ajang ini terutama dengan antusiasme dan penghayatan para peserta dalam menginterpretasikannya melalui kreasi video.

Comments