Ragam Kreatifitas Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Hamzanwadi

Proses pengolahan buah nanas menjadi kue bolu

edukasinfo.com |
 Meski di tengah pandemi Covid-19, para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Sosiologi, Universitas Hamzanwadi Selong tetap semangat mengabdi untuk masyarakat dengan menggagas kegiatan Sosiologi Mengabdi Kemasyarakatan (SMK).
Kegiatan tersebut mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga di Masa Pandemi" yang berlangsung di Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik-Lombok Timur, selama bulan Maret 2021.

Proses pengolahan bersama warga

Dilansir dari akun resmi facebook Sosiologi Hamzanwadi, para mahasiswa bersama warga masyarakat setempat, khususnya para ibu rumah tangga memanfaatkan buah nanas yang diolah menjadi kue bolu, selai, nastar, dan sejenisnya. Harapannya, produk tersebut dapat bernilai ekonomis yang lebih tinggi untuk menguatkan ekonomi masyarakat.
Sebagai informasi, produksi buah nanas di Desa Lendang Nangka cukup melimpah, namun karena pandemi Covid-19 belum usai sehingga berdampak pada penjualan yang menurun. Para petani mengaku tidak bisa mengirim buah nanas ke luar daerah.

Kondisi yang demikian mendorong para mahasiswa untuk berupaya membantu masyarakat memperbaiki keadaan.ekonomi keluarga melalui kegiatan SMK.
Sebelumnya, dalam kegiatan yang berbeda, seorang mahasiswa Pendidikan Sosiologi semester 4, M. Rois Bukhori juga menunjukkan kreatifitasnya dalam membuat pot bunga berbahan limbah serabut kelapa.


Pot bunga dibuat dalam berbagai bentuk yang rapi dan bagus, kemudian dijual seharga Rp. 15 ribu per buah. Hasil penjualannya digunakan untuk menambah uang saku dan keperluan kuliah lainnya. Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya mengasah kreatifitas, namun bisa bernilai ekonomis.




Comments