Pelatihan Gamelan Jawa dalam Festival des Suds Prancis

Foto Gamelan Jawa

edukasinfo.com | Pagelaran Festival des Suds di Kota Arles Prancis diisi dengan kegiatan pelatihan gamelan Jawa dan pagelaran budaya Indonesia bagi anak-anak dan masyarakat. Terselenggaranya kegiatan ini atas kerjasama Perwakilan Pemerintah Indonesia di Paris dengan Pemerintah Kota Arles dan Asosiasi Tapenade.

Pelatihan gamelan dimulai pada tanggal 12 sampai dengan 16 Juli 2021 yang berlokasi di Croisiere, Kota Arles. Acara penutupan pada tanggal 17 Juli diisi dengan konser gamelan yang dimainkan oleh peserta magang yang merupakan musisi pemula dan profesional binaan Gamelan Kancil yang dipimpin oleh musisi Henri Maguet.


Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, Warsito menjelaskan bahwa KBRI Paris bersama Pemerintah Kota Arles dan Gamelan Kancil akan terus berkolaborasi dalam misi pengenalan budaya Indonesia. Gamelan Jawa akan dijadikan sebagai pelajaran di sekolah yang ada di Kota Arles.

"Terutama di sekolah musik Studio Franceschi yang akan mendapat pembelajaran gamelan dan pengenalan budaya-budaya Indonesia mulai September mendatang hingga Juni 2022," ujar Warsito pada Sabtu (17/7).


Atdikbud Warsito juga menyampaiakan rasa terima kasih nya kepada Wali Kota Arles, yang diwakili oleh wakil wali kota bidang Budaya dan Asosiasi Ibu Claire de Causans atas kesempatan yang diberikan kepada gamelan Jawa untuk menjadi bagian dari Festival des Suds.

"Kami juga berterima kasih dan mengapresiasi asosiasi Tepanade melalui Gamelan Kancil yang aktif mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Prancis," ucapnya.


Dikatakannya, para pengunjung festival yang menyaksikan gamelan Jawa sangat terkesan. "Bahkan, salah satu penonton yang datang dari Kota Lot, Prancis, sangat tertarik untuk mengikuti pelatihan ini pada kesempatan mendatang" imbuhnya.

Sebagai informasi, Festival des Suds adalah festival tahunan yang dilakukan selama tujuh hari dan enam malam nonstop pada musim panas, dimulai pada tanggal 12 s.d. 18 Juli 2021. Festival tersebut dilaksanakan di setiap sudut Kota Arles dan pusatnya di sebuah arena yang merupakan salah satu warisan dunia UNESCO. Pengunjung festival mencapai ratusan yang berasal dari dalam dan luar Prancis.


Sebagai informasi, Festival des Suds merupakan festival tahunan yang dilakukan selama tujuh hari dan enam malam nonstop pada musim panas, dimulai pada tanggal 12 s.d. 18 Juli 2021. Festival tersebut dilaksanakan di setiap sudut Kota Arles dan pusatnya di sebuah arena yang merupakan salah satu warisan dunia UNESCO. Pengunjung festival mencapai ratusan yang berasal dari dalam dan luar Prancis.

Comments