Peringati HUT Ke-76 RI, Kemendikbudristek Gelar Lomba 'Rayakan Merdekamu'.

Logo HUT ke-76 Republik Indonesia

edukasinfo.com | Menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-76 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) didukung oleh Radio Republik Indonesia (RRI) menyelenggarakan lomba ‘Rayakan Merdekamu’ secara daring . Kegiatan lomba dimulai pada 18 Juli sampai dengan 9 Agustus 2021.

Kegiatan lomba ‘Rayakan Merdekamu’ merupakan upaya menumbuhkan semangat ditengah pandemi sekaligus mengisi ruang-ruang kosong akibat pandemi Covid-19 dengan cara menyebarluaskan potret keberagaman bangsa. Kegiatan lomba dapat diikuti dari tempat atau lokasi masing-masing.


Melalui kegiatan lomba masyarakat diajak menunjukkan semangat toleransi dan kebolehan dalam beberapa kategori lomba. Pada kategori 1-6 melombakan busana adat atau busana nuansa tradisional sambil merekam video karya kreatif bertemakan kebhinekaan. Karya dapat berupa menyanyikan lagu, membacakan puisi, menampilkan tarian, bercerita, berpantun, dan bentuk ekspresi lainnya.

Kategori 1-6 terdiri dari, kategori 1 untuk Siswa TK/ PAUD/ TKLB dan sederajat; Kategori 2 untuk Siswa SD/ SDLB/Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) jenjang SD; Kategori 3 untuk Siswa SMP/ SMPLB/ SILN jenjang SMP dan sederajat; Kategori 4 untuk Siswa SMA/ SMK/ SMALB/ SMKLB/ SILN jenjang SMA dan sederajat; Kategori 5 untuk Mahasiswa/I; serta Kategori 6 bagi Pelaku seni dan budaya/ masyarakat umum.


Adapun untuk kategori 7 yakni bagi pendidik dan tenaga kependidikan untuk dapat berpartispasi dalam lomba mengenakan busana adat/tradisional sambil mengajar dengan topik kebinekaan. Sementara untuk kategori 8 berupa lomba bagi wartawan dalam menulis artikel bertema kebinekaan.

Penilaian karya akan dilakukan pada tanggal 10-16 Agustus 2021 secara berjenjang. Para juri berasal dari perwakilan Kemendikbudristek, yaitu Pusat Penguatan Karakter selaku penyelenggara utama lomba ‘Rayakan Merdekamu’, dan beberapa Direktorat lainnya. Selain itu, sejumlah pakar, tokoh, serta pelaku seni dan budaya juga dilibatkan dalam proses penjurian.


Acara puncak akan digelar pada tanggal 25 Agustus, dimana Kemendikbudristek akan menayangkan pemilihan juara pertama setiap kategori oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Para juara I-III setiap kategori akan mendapatkan hadiah berupa alat elektronik pendukung pembelajaran.

Sementara bagi peserta 10 besar finalis lomba akan pendapatkan piagam penghargaan dan ratusan perserta lomba terpilih lainnya akan berkesempatan memenangkan hadiah hiburan. Karya-karya finalis akan dipamerkan pada laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id dan Rumah Digital Indonesia.


Untuk menyukseskan acara tersebut, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam lomba ‘Rayakan Merdekamu’. Dikatakannya, dalam satu bulan lagi Indonesia akan berusia 76 tahun dan banyak tantangan yang telah dan sedang dihadapi, termasuk pandemi saat ini.

“Sekarang adalah momen terbaik bagi kita untuk memperkuat kebersamaan sebagai bangsa yang kuat karena bineka,” ucap Nadiem.


Menteri Nadiem dalam video sosialisasi juga menyampaikan ajakannya untuk bersama membangun Indonesia. “Mari membangun Indonesia tangguh dan tumbuh dengan merayakan kemerdekaan kita dalam belajar, berkarya, dan berbangsa. Saya tunggu partisipasi kalian dalam lomba ‘Rayakan Merdekamu’,” tutupnya.

Comments