Jawa Barat Resmi Lakukan Vaksinasi Disabilitas



edukasinfo.com | Balai Wyata Guna, Kementerian Sosial di Bandung resmi melaunching program Vaksinasi Disabilitas. Acara ini merupakan bentuk kolaborasi Balai Wyata Guna Bandung dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan diselenggarakan di Aula Balai Wyata Guna Bandung, pada Kamis (8/7).


Dilansir dari laman Kementerian Sosial, Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil bersama menghadiri acara secara langsung sekaligus memantau dan memastikan pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi penyandang disabilitas berlangsung lancar. Vaksinasi diikuti oleh 67 orang, dan pendamping berjumlah 64 orang.



Kegiatan vaksinasi disabilitas didukung oleh berbagai pihak, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Diskominfo Jawa Barat, Jabar Bergerak, dan Grab. Selain itu, jajaran Muspika Kecamatan Cicendo turut menghadiri kegiatan ini.


Vaksinasi disabilitas merupakan program baru dan rencananya akan dilaksanakan di setiap kabupaten/kota  se-Jabar. Kegiatan tersebut akan dilakukan di pusat kesehatan, rumah sakit serta puskesmas di tiap daerah.

Kepala Balai Wyata Guna Bandung, Sudarsono dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Vaksinasi merupakan alternatif untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Dikatakannya, program vaksinasi harus didukung karena merupakan arah dan kebijakan pemerintah.


“Bagi Balai Wyata Guna, ini merupakan momentum yang sangat penting karena penantian disabilitas untuk mendapatkan vaksin dapat terlaksana,” ungkap Sudarsono.

Sementara itu, Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana berpendapat bahwa semua pihak harus tetap optimis, terus berkreasi dan berinovasi terutama untuk semua disabilitas. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu mempercepat proses vaksinasi disabilitas di Kota Bandung.


“Setelah divaksinasi terbentuk Health Imunity di Kota Bandung dan berharap Pandemi Covid-19 segera berakhir” harapnya.

Berdasarkan data Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, terdapat sebanyak 89.000 orang menjadi sasaran vaksin disabilitas.

Comments