Memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2021 dengan Tur Virtual


edukasinfo.com | Menjelang peringatan Hari Anak Nasional, Galeri Nasional Indonesia (GNI), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan theAsianparent (tAp) Indonesia selaku situs pengasuhan (parenting) nomor 1 di Asia Tenggara menghadirkan tur virtual khusus untuk anak.


Tur virtual merupakan acara pengenalan karya dan budaya Indonesia yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi video 360° dan layar hijau (green screen) pada Jumat (23/7), pukul 10.00—11.30 WIB. Acara ini dapat diakses melalui aplikasi Zoom secara gratis dengan cara mendaftar melalui tautan bit.ly/tapvtrori3.

Kepala GNI, Pustanto menjelaskan bahwa tur virtual ini khusus ditujukan bagi anak-anak dengan materi yang sesuai. “Anak-anak akan diajak mengenal seni rupa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tentunya dikemas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar,” tutur Pustanto, pada Rabu (21/7).


Dikatakan Pustanto, theAsianparent Indonesia juga akan membantu Kemendikbudristek untuk mengenalkan program-program kementerian kepada masyarakat Indonesia dengan tujuan menumbuhkan semangat berkarya dan berkreativitas bagi para pelaku budaya di Indonesia. Melalui program tersebut, masyarakat dapat mengenal kekayaan warisan budaya Indonesia sejak dini.

Tur akan dipandu oleh tim GNI, yaitu Kak Aola Romadhona, Kak Tunggul Setiawan, dan Kak Desy Novita Sari. Peserta tur akan diajak untuk mengenal karya dan tokoh seni rupa melalui pameran koleksi Galeri Nasional Indonesia.


Dihimpun dari laman resmi Kemendikbudristek, pameran ini akan disajikan melalui tiga pendekatan kuratorial. Pertama, Monumen Ingatan, yang menampilkan karya-karya koleksi GNI yang dikontekstualisasikan dengan perkembangan sejarah nasional. Kedua, Paris 1959 Jakarta 1995, yang menampilkan karya-karya koleksi internasional GNI. Ketiga, Kode/D merupakan pameran tematik yang secara berkala memamerkan sejumlah koleksi dari 20 tahun akusisi karya seni rupa GNI dalam rentang tahun 1999 s.d. 2019.


Tur virtual ini diharapkan dapat menjadi edukasi seni rupa bagi anak-anak dan sekaligus meramaikan perayaan Hari Anak Nasional 2021 yang bertemakan “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Comments