Macam-macam Klasifikasi Informan dalam Penelitian Kualitatif

edukasinfo.com | Dalam rangka memperoleh sumber data yang tepat dan akurat peneliti menentukan klasifikasi informan. Beberapa klasifikasi informan yang telah ditentukan yakni informan utama, informan, kunci, dan informan tambahan.

1. Informan Utama

Informan utama merupakan individu maupun kelompok yang dijadikan sebagai sumber data atau informasi primer dalam memberikan gambaran teknis terkait masalah penelitian. Informan utama dalam penelitian kualitatif mirip dengan “aktor utama” dalam sebuah kisah atau cerita. Dengan demikian informan utama adalah orang yang mengetahui secara teknis dan detail tentang masalah penelitian yang akan dipelajari. Pada penelitian ini yang menjadi informan utama adalah sejumlah anggota Bada Permusyawaratan Desa (BPD) yang terdiri dari 3 orang.

2. Informan Kunci

Informan kunci adalah informan yang memiliki informasi secara menyeluruh tentang permasalahan yang diangkat oleh peneliti. Informan kunci bukan hanya mengetahui tentang kondisi/fenomena pada masyarakat secara garis besar, juga memahami informasi tentang informan utama. Dalam pemilihan informan kunci tergantung dari unit analisis yang akan diteliti. Misalnya pada unit sebuah organisasi, informan kuncinya adalah pimpinan organisasi tersebut. Dalam penelitian ini, yang menjadi informan kunci adalah Kepala Desa Menceh.

3.  Informan Tambahan

Informan tambahan merupakan individu maupun kelompok yang dijadikan sebagai sumber data atau informasi sekunder dalam memberikan gambaran pendukung dari data utama terkait masalah penelitian. Informan pendukung merupakan orang yang dapat memberikan informasi tambahan sebagai pelengkap analisis dan pembahasan dalam penelitian kualitatif. Informan tambahan terkadang memberikan informasi yang tidak diberikan oleh informan utama atau informan kunci. Untuk itu, informan tambahan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari Sekretaris Desa Menceh, Anggota Perangkat Desa sebanyak 1 orang, Tokoh Pemuda/Ketua Karang Taruna Desa Menceh, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Ketua LKMD.

Comments

  1. izin mampir pak, siapa tahu berkenan silaturrahim di

    https://memangsusah.wordpress.com/2020/09/17/kuliah-umum-pembelajaran-berbasis-tik-level-4-pembatik-nadiem-makarim/

    terima kasih pak.

    Salam literasi!

    ReplyDelete
  2. Terimakasih..
    Sama-sama buk..

    Salam literasi !
    Salam edukasi !

    ReplyDelete

Post a Comment

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…