Kemendikbud Dorong KKN Fokus Membentuk Karakter Mahasiswa




edukasinfo.com | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam menyampaikan harapan kepada mahasiswa yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) agar di tengah pandemi Covid-19 ini terus belajar, menimba ilmu, dan mengabdi untuk masyarakat. Ini disampaikan pada moment acara pembukaan KKN Inovasi Universitas Jember dengan tema "Panggung Inovasi KKN Back to Village" yang diselenggarakan oleh Universitas Jember (UNEJ) pada Selasa, 8 September 2020.

Nizam juga memberikan ucapan selamat kepada UNEJ atas program-program kampus yang langsung menyentuh masyarakat untuk membangun nusa dan bangsa. Menurutnya, KKN harus dijadikan sebagai wadah pembentukan karakter peduli terhadap masyarakat. KKN bukan hanya sebagai tambahan SKS melainkan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“KKN ini tidak hanya sebagai mata kuliah atau tambahan SKS tapi bentuk karakter mahasiswa untuk lebih peduli kepada masyarakat dan memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dijumpai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia memaparkan berbagai program yang tengah dijalankan untuk memfasilitasi mahasiswa berperan aktif dalam dunia pendidikan seperti Kampus Mengajar, Kampus Membangun Desa, Kampus untuk Membangun Budaya Sehat, dan lain-lain.

Untuk itu, mahasiswa yang sedang dan akan menempuh program KKN agar dapat menjadi panutan atau teladan bagi masyarakat setempat. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, mahasiwa harus menjadi contoh dalam menerapkan budaya hidup sehat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah.

Comments