Jadwal Resmi Pelaksanaan FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2020


edukasinfo.com | Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi merilis hasil seleksi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMA Tingkat Provinsi Tahun 2020. Hal ini sesuai Surat Pemberitahuan Nomor 1794/J3/TU/2020 tertanggal 22 September 2020.

FLS2N jenjang SMA tingkat Provinsi diselenggarakan secara daring sejak 17 Agustus s.d. 12 September 2020 lalu. Beberapa bidang seni yang dilombakan yakni baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, vokal solo, desain poster, film pendek, kriya, dan komik digital. FLS2N Jenjang SMA tingkat Provinsi diikuti oleh 12.879 peserta yang berasal dari 34 Provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Cek disini ! Daftar Nama Juara FLS2N Tingkat Provinsi dan SILN.

Para juara tingkat provinsi selanjutnya akan berkompetisi di tingkat nasional. Sebanyak 385 karya terbaik jenjang SMA melaju ke tingkat nasional. Adapun jadwal pelaksanaan FLS2N tingkat nasional untuk semua jenjang yakni:

  1. Jenjang SD dan SMP digelar pada tanggal 21 s.d. 26 September 2020;
  2. Jenjang SMA dan SMK pada 28 September s.d. 4 Oktober 2020; dan
  3. Jenjang Pendidikan Khusus (Diksus) dilaksanakan pada 28 September s.d. 1 Oktober 2020

Bidang seni yang dilombakan pada jenjang SD adalah Seni Tari, Menyanyi Tunggal, Kriya Anyam, Gambar Bercerita, dan Pantomim. Sebanyak 147 karya terbaik sebagai finalis akan berlaga di tingkat nasional. Jenjang SMP sebanyak 166 karya akan berlaga di tingkat nasional. Bidang yang dilombakan yakni tari kreativitas tradisional, musik tradisional, menyanyi solo, gitar duet, dan desain poster.

Jenjang SMK sebanyak 374 karya terbaik berhasil terpilih akan berlaga di tingkat nasional. Adapun bidang seni yang dilombakan terdiri dari Menyanyi Solo, Gitar Solo, Teater Monolog, Film Pendek, Tari Tradisional, dan Musik Tradisi Daerah.

Sementara pada jenjang Pendidikan Khusus telah dipilih 300 karya terbaik. Selain itu, Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) sebanyak 1.388 karya berhasil terpilih.

Pelaksanaan FLS2N merupakan ajang mengeksplorasi bakat dan minat peserta didik meski di tengah pandemi Covid-19. Dengan terlaksananya kegiatan ini peserta didik tetap dapat berkreasi dan berinovasi dari rumah masing-masing. Pandemi tidak menjadi penghalang bagi peserta didik dalam berkarya.

Dikutip dari laman resmi kemdikbud.go.id., Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, Asep Sukmayadi menegaskan bahwa FLS2N harus dilaksanakan meskipun di tengah pandemi Covid-19. "Kita harus melaksanakan FLS2N dari rumah di seluruh Indonesia. Ini merupakan bagian dari Adaptasi Kebiasaan Berprestasi Baru,” ungkapnya.

Comments