Kesempatan Langka, Kemendikbud Resmi Buka Pendaftaran Beasiswa Unggulan.


edukasinfo.com | 
Mengenyam pendidikan yang memadai adalah impian setiap orang. Era digital saat ini mengharuskan seseorang memiliki kompetensi/skill yang dibutuhkan dunia kerja. Untuk memiliki skill tersebut harus melalui proses pendidikan yang layak. Hanya saja, tidak semua orang dapat mewujudkan impian dapat menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kendala biaya seringkali menjadi faktor utama yang menghambat.

Kondisi demikian sangat dipahami oleh pemerintah sehingga berbagai langkah kebijakan untuk menghadirkan program-program beasiswa pendidikan terus diupayakan. Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) secara resmi membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan (BU) Tahun 2020. 

Sosialisasi Pembukaan Beasiswa Unggulan dilakukan secara virtual pada Jum'at (25/9/2020). Pada sambutannya dalam acara pembukaan, Kepala Puslapdik, Abdul Kahar berharap, para calon penerima beasiswa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan mempersiapkan perencanaan studi yang matang untuk menempuh pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Minimal setahun harus memikirkan baik-baik rencana studi," ucap Abdul Kahar.

Lanjut Kahar mengatakan, para mahasiswa harus menyusun perencanaan secara cermat dan teliti. Perencanaan program studi, mata kuliah, dan penelitian yang akan dipilih harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang sesuai bakat dan minat. Hal ini penting agar proses perkuliahan dapat selesai sesuai harapan.

Mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir maka program BU hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari dalam negeri. Pendaftaran BU akan ditutup pada tanggal 3 Oktober 2020 mendatang. Salahsatu persyaratan mendaftar BU yang wajib dipenuhi adalah membuat essai dengan tema ‘Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia’.


Informasi pendaftaran lebih lanjut dapat diperoleh melalui laman: 
beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id. Untuk pertanyaan dapat disampaikan melalui email: beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id atau hotline: 0821 6755 6665.

Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi anak-anak muda bangsa Indonesia yang memiliki talenta unggul untuk mendapatkan pendidikan S1, S2, dan S3.

Adapun ketentuan pembiayaan, terdapat beberapa perubahan yakni bagi mahasiswa S1 yang mengalami penurunan IPK dibawah 3.00 maka beasiswa akan dipotong 5% dari keseluruhan biaya yang diberikan. Untuk jenjang S2/S3, indeks prestasi dibawah 3.25 juga akan dipotong 5%. Jika penurunan indeks prestasi mengalami penurunan selama dua semester berturut-turut maka akan mendapatkan sanksi pembatalan sebagai penerima beasiswa.

Comments