Pendekatan dan Jenis Penelitian Kualitatif Dalam Menyusun Metode Penelitian

edukasinfo.com | Pendekatan dan jenis penelitian adalah suatu strategi yang digunakan oleh peneliti dalam mengamati, mengumpulkan informasi dan menyajikan analisis hasil penelitian dengan baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif sendiri merupakan suatu metode untuk menyelidiki obyek dan menganalisis hasil penelitian dengan kata-kata atau kalimat-kalimat dan tidak dapat diinterpretasikan maupun diukur dengan angka-angka ataupun ukuran lain yang bersifat eksak.

Metode penelitian kualitatif juga diartikan sebagai sebuah metode yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah atau natural setting, atau yang disebut sebagai metode naturalistik. Dikatakan demikian, karena obyek yang apa adanya dan tidak dimanipulasi oleh peneliti (Sugiyono, 2010:1).

Adapun jenis penelitian yang akan digunakan yakni jenis deskriptif kualitatif. Yang artinya penelitian ini berusaha mendeskripsikan atau menggambarkan gejala-gejala sosial, dengan kata lain penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sifat dan fenomena-fenomena masyarakat yang tengah berlangsung pada saat penelitian, yang kemudian akan dituangkan dalam sebuah laporan hasil penelitian.

Pendekatan dan jenis tersebut juga menekankan pada landasan pokok yakni  fenomenological perspective. Artinya, suatu perspektif yang melihat tindakan dan tingkah laku manusia dari apa yang dikatakannya dan apa yang dilakukannya sebagai suatu hasil dari cara manusia tersebut mendefinisikan dunianya (Ihromi, 2004:72).

Dengan demikian seperti yang dikemukankan oleh, Borgdan dan Taylor (1982) dalam (Ihromi, 2004:72), yang mengatakan bahwa perspektif fenomenologi ini berarti lebih menekankan kepada pandangan emic atau emic view. Maksudnya adalah melihat berbagai kenyataan yang ada dari kaca mata orang yang ditelitinya, bukan dari pandangan penelitianya.

Penggunaan metode atau pendekatan kualitatif dengan pertimbangan bahwa pendekatan kualitatif dapat memberikan informasi/data yang lengkap, mendalam, dan mengandung makna. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai di balik data yang tampak (Sugiyono, 2010:3). Sehingga data tersebut dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Penelitian kualitatif juga lebih banyak dapat diterapkan pada berbagai masalah sosial. Oleh karena itu, penelitian ini akan dilakukan secara menyeluruh dan terpadu dengan menggunakan teknik-teknik pengumpulan dan analisis data yang tepat dalam rangka mengungkapkan rumusan masalah yang telah disusun sebelumnya. 

Comments