Cara Menganalisis Data Penelitian Kualitatif

edukasinfo.com | Analisis Data Kualitatif  menurut Borgan dan Biklen (dalam Moleong, 2005:248), adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.

Terkait dengan hal itu, maka teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan langkah-langkah analisis data kualitatif model Miles and Huberman (1984) dalam (Sugiyono, 20105:91), yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.

Langkah-langkah analisis tersebut seperti yang dijelaskan sebagai berikut:

1.         Data Reduction (Reduksi Data)

Dalam melakukan penelitian, terdapat berbagai data yang diperoleh dari lapangan yang jumlahnya cukup banyak. Data yang sangat banyak akan dapat menambah kerumitan. Oleh karena itu, langkah reduksi data sangat diperlukan. Reduksi data merupakan suatu upaya merangkum, memilih hal-hal yang dianggap pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya. Dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan mempermudah peneliti dalam pengumpulan dan penyusunan data.

2.         Data Display (Penyajian Data)

Langkah selanjutnya yakni peneliti menyajikan data yang telah dikumpulkan. Penyajian data dapat dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, flowchart dan sejenisnya. Adapun penyajian data yang paling sering digunakan dalam penelitian kualitatif adalah dengan menyajikan teks yang bersifat naratif.

3.         Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi)

Setelah melakukan reduksi dan penyajian data, maka langkah ke tiga dalam analisis kualitatif model Miles and Huberman adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan-kesimpulan yang dibuat dengan berdasarkan bukti-bukti yang kuat, valid, dan konsisten merupakan kesimpulan yang kredibel.

Mengingat analisis data kualitatif tanpa menggunakan alat bantu rumus statistik, maka dalam menerapkan teknik analisis data kualitatif diatas dalam bentuk praktiknya, pengolahan dan penganalisisan data dilakukan dengan menekankan pada segi pengamatan langsung secara partisipatif dari peneliti.

Lebih jelasnya, peneliti akan mendeskripsikan berbagai fenomena-fenomena yang terjadi berdasarkan temuan-temuan data yang dianggap pokok dan penting, serta memiliki keterkaitan dengan masalah yang diteliti. Pada akhirnya akan menghasilkan gambaran yang jelas, terarah dan menyeluruh dari masalah yang menjadi objek penelitian.

Selain itu, data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh di lapangan, disajikan dalam pembahasan hasil penelitian yang memuat jawaban-jawaban informen terhadap pertanyaan yang diajukan dalam proses wawancara maupun data dokumentasi lainnya. Dengan demikian, kunci keberhasilan analisa data terletak pada kemampuan nalar peneliti dalam menghubungkan data, fakta, dan informasi yang diperoleh peneliti di lapangan


Daftar Pustaka


Moleong, Lexy J, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja  Rosdakarya.


Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Comments