Warga Filipina Sambut HUT Ke-76 RI dengan Lomba Mendongeng dan Menyanyi Lagu Indonesia


edukasinfo.com | Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia (RI), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Filipina menyelenggarakan lomba mendongeng dan menyanyi lagu Indonesia. Lomba digelar secara daring sekaligus sebagai upaya internasionalisasi bahasa Indonesia.

Antusiasme peserta lomba terlihat dari penampilan yang sagat memukau dengan menggunakan bahasa Indonesia yang cukup fasih. Lomba ini merupakan unjuk kemampuan bahasa Indonesia dari warga negara Filipina, khususnya mereka yang selama ini mengikuti pelatihan BIPA yang juga program Atdikbud.


Pemerintah berharap acara semacam ini dapat memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional. Kuasa Usaha KBRI Manila, Widya Rahmanto mengatakan, KBRI Manila ingin memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya bahasa Indonesia kepada warga negara Filipina melalui lomba mendongeng dan menyanyi lagu Indonesia.

"Mereka terlihat bersemangat mengikuti kedua lomba ini dan penampilan 21 peserta lomba sangat memukau karena cukup fasih dalam menggunakan bahasa Indonesia, baik dalam bernyanyi maupun mendongeng," ujar Widya Rahmanto saat membuka acara tersebut, pada Sabtu (7/8) lalu.


Pada kesempatan yang sama, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Manila, Aisyah Endah Palupi juga mengungkapkan adanya peningkatan jumlah pelajar asing yang belajar bahasa Indonesai. Setidaknya ada 450 pelajar asing yang belajar bahasa Indonesia di sepuluh institusi pendidikan Filipina yang menjadi mitra KBRI Manila.

"Meningkatnya minat untuk belajar bahasa Indonesia tahun ini, salah satu alasannya adalah pembelajaran secara daring yang diberikan oleh guru Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) atas dukungan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek," ucap Aisyah.


Di samping itu, perwakilan Kementerian Pendidikan Filipina, Margarita C. Ballesteros, juga turut mendukung dan menyambut baik kegiatan ini. "Pertukaran budaya dan bahasa antara Indonesia dan Filipina dapat membangun hubungan yang semakin harmonis antarkedua negara," katanya.


Kegiatan lomba semacam ini merupakan bentuk promosi bahasa Indonesia kepada warga negara Filipina guna mendukung upaya pemerintah dalam menduniakan bahasa Indonesia. Selain menyanyi dan mendongeng, warga negara Filipina juga berpartisipasi dalam lomba membuat infografik dan lomba pidato tentang Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 13 Agustus lalu.

Comments