Manfaat Fitur Laboratorium dan Pustaka Maya pada Aplikasi Rumah Belajar


edukasinfo.com | Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dikenal dengan Rumah Belajar. Aplikasi ini dikembangkan sejak tahun 2011 dan memiliki berbagai fitur menarik, seperti laboratorium maya dan pustaka maya.


Pengembangan aplikasi Rumah Belajar merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penyediaan sarana berupa media pembelajaran yang komprehensif bagi seluruh insan pendidikan. Adanya layanan pada aplikasi ini diharapkan dapat memperkuat literasi sains pengunjung sekaligus merupakan upaya konkret pemerintah dalam menyiapkan Profil Pelajar Pancasila untuk mempersiapkan generasi unggul di masa yang akan datang. Dengan aplikasi ini semua kalangan dapat mengakses pembelajaran jarak jauh di mana saja, kapan saja, dan semakin berkualitas terutama  di masa pandemi Covid-19.


Aplikasi Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran berbasis laman yang berisi berbagai macam metode pembelajaran. Selain itu, sumber belajar dan kelas maya juga dapat diakses oleh orang tua, guru di sekolah, peserta didik dan masyarakat.

Pada fitur pustaka maya disediakan layanan pustaka digital yang berisi berbagai topik bahan belajar yang dapat diakses masyarakat melalui laman https://psbsekolah.kemdikbud.go.id/. Sementara laboratorium maya merupakan fitur yang disajikan seperti laboratorium riil yang dapat digunakan dalam aktivitas pembelajaran ataupun penelitian secara ilmiah.


Adapun perbedaan laboratorium riil di sekolah dengan laboratorium maya yakni, Laboratorium riil merupakan ruangan untuk melakukan kegiatan percobaan atau praktikum yang dilengkapi dengan seperangkat peralatan dan bahan-bahan yang nyata. Sehingga proses pembelajaran menggunakan laboratorium merupakan sebuah eksperimen nyata.

Sedangkan laboratorium maya merupakan perangkat lunak (software) yang dijalankan oleh perangkat keras (hardware). Semua peralatan yang diperlukan terdapat di dalam perangkat lunak laboratorium maya tersebut. Artinya, laboratorium maya merupakan fasilitas untuk melakukan kegiatan ilmiah berupa penelitian, eksperimen, pengujian, dan pengukuran yang terkontrol dalam kondisi tidak nyata atau tidak sebenarnya.


Dalam makna lainnya, laboratorium maya adalah ruang kerja elektronik yang dimanfaatkan untuk berkolaborasi dan eksperimentasi dalam penelitian atau kegiatan kreatif lainnya, dalam rangka menghasilkan pembelajaran yang menarik dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan pemanfaatan fitur ini, peserta didik mendapatkan pengalaman berliterasi. Karena pada dasarnya, konsep literasi tidak hanya dimaknai sebagai kemampuan membaca dan menulis melainkan mencakup literasi numerik, literasi teknologi, literasi budaya, dan sebagainya dengan tujuan untuk mencapai kemaslahatan bagi masyarakat. Terlebih lagi di tengah arus globalisasi pada era digital saat ini sangat berdampak signifikan pada perubahan pola hidup masyarakat dunia.


Dalam praktiknya, pemanfaatan aplikasi ini di tengah pandemi guru ditantang untuk tetap bisa memberikan proses belajar mengajar yang maksimal. Terutama pembelajaran secara daring saat ini membutuhkan kreatifitas tinggi terutama pada proses pembelajaran yang memerlukan visualisasi dan praktikum, sehingga pilihan paling memungkinkan yakni dengan menggunakan fitur laboratoruim maya. Dengan adanya laboratorium maya atau virtual ini akan sangat memudahkan para guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang berkualitas.


Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemanfaatan fitur laboratorium maya pada aplikasi Rumah Belajar dapat mengurangi kejenuhan dan rasa bosan peserta didik di kelas. Aplikasi ini juga dapat memudahkan guru dalam membangun motivasi anak-anak dalam belajar.

Comments