LPM Pena Kampus FKIP Unram Sukses Gelar Jambore Jurnalistik 2021


Foto : Tim Jambore Jurnalistik 2021 dari SMAN 1 Pringgarata juara I kategori penulisan berita.

edukasinfo.com | Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Pena Kampus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mataram (Unram) sukses menggelar Jambore Jurnalistik jenjang SMA/MA/SMK Se-NTB tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan sejak 25 s.d 28 Agustus 2021 secara daring dan luring.



Jambore Jurnalistik tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-3 dengan mengusung tema "Menilik Kondisi Negeri melalui Mindset Jurnalistik". Terdapat empat kategori lomba, yakni penulisan berita, opini, video jurnalistik, dan foto jurnalistik.

Jumlah peserta yang mengikuti jambore sebanyak 133 orang yang tergabung dalam 19 regu. Setiap regu terdiri dari 7 orang yang berasal dari 12 sekolah se Nusa Tenggara Barat.



Pemenang Jambore Jurnalistik pada kategori Penulisan Berita diantaranya; Juara 1 diraih oleh Aema Budi Purnama dan Maulida Azzahra (Regu 1, SMAN 1 Pringgarata), juara II diraih oleh Baiq Olifiya Sri Patmi dan Yanabil Ilham Sakiwa (Regu 2, MAN 1 Lombok Timur), serta juara III oleh Dwina Alfi Ramadhani dan Cinthania Amanda Putri (Regu 1, MAN Insan Cendekia).

Sementara juara pada kategori Opini yakni juara I diraih oleh Fara Ulvia (SMAN 3 Mataram), juara II Oca Hidayatul Fitri (MAN 1 Sumbawa), dan siswi MAN Insan Cendekia, Yolanda Aditya Astarika meraih juara III. Adapun juara I pada kategori foto jurnalistik diraih oleh Rafifi Mardiyanto (MAN 1 Lombok Timur), M. Fathurramadhan (MAN Sumbawa) sebagai juara II, dan Syarif Hidayatullah (MAN 1 Lombok Timur) berhasil meraih juara III.



Selain itu, juara pada kategori lomba Video Jurnalistik diantaranya, juara I diraih oleh Muhammad Rahmatullah Jayadi, Baiq Deswinta, dan Muhammad Adam (Regu 1, MAN 1 Lombok Timur); juara II direbut oleh Mohammad Jibran Janwannajihi, Muhammad Rifqy Habibi, dan Umniati Sholeha Noerman (Regu 2, MAN 1 Lombok Timur); serta juara III diraih oleh Bestrigaswara Abhi dan Andy Mal (SMAN 3 Mataram).

Pemenang pada kegiatan tersebut diumumkan dalam acara penutupan secara luring atau tatap muka di Museum Negeri NTB, pada Sabtu (28/8). Acara penutupan dilaksanakan menggunakan protokol kesehatan (prokes) penanganan Covid-19 secara ketat.



Ketua Panitia Jambore Jurnalisti 2021, Baiq Iis Septiana berharap acara Jambore Jurnalistik dikenal lebih luas oleh sekolah-sekolah di NTB dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mendalami dunia jurnalis.

"Harapan kami sebagai panitia semoga acara ini semakin di kenal, semakin banyak siswa yg rajin menulis dan termotivasi untuk mendalami jurnalistik," ujar Baiq Iis usai penutupan acara.



Lebih lanjut, Ketua Panitia Jambore mengatakan bahwa ke depan acara ini ditargetkan dapat meningkatkan daya tarik peserta sehingga lebih banyak peserta yang mengikuti kegiatan. "Untuk jambore ke-4 besok pesertanya semakin banyak," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Pemimpin Umum LPM Pena Kampus, L. Muammar Qadafi mengatakan, dengan kegiatan jambore peserta didik lebih peka terhadap lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. "Dengan jurnalistik kita bisa menilik kondisi sosial kita," ucapnya.



Kegiatan jambore pada tahun mendatang, kata Qadafi akan dilaksanakan menggunakan konsep seperti jambore sebelum pandemi Covid-19. Hal ini jika kondisi pandemi sudah berakhir.

"Walaupun ada konsep yang emang harus diperbaiki, dan pastinya untuk yang terbaik buat kita semua," harapnya.



Sebagai informasi, kegiatan Jambore Jurnalistik memberikan para siswa pengetahuan lebih tentang kegiatan jurnalis melalui pembekalan materi sebelum berkompetisi atau menyusun karya.


Comments