Aksi Peduli Sosial, KPK Duafa Puspalaya Rutin Santuni Para Kaum Duafa

Foto: Sekretaris KPK Duafa, Suparwadi, S.Pd menyerahkan santunan kepada masyarakat miskin

edukasinfo.com | Sebagai bentuk tanggungjawab sosial para pemuda yang tergabung dalam Komunitas Peduli Kaum Duafa (KPK Duafa) Puspalaya Desa Arjangka Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah menyalurkan santunan berupa sembako dan alat tulis kantor (ATK) kepada puluhan kaum duafa pada, Jum'at (6/8).


Aksi peduli sosial ini merupakan program rutin KPK Duaffa setiap dua minggu sekali. Rencananya, pada tanggal 1 Muharram 1443 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 11 Agustus 2021 mendatang, KPK Duaffa akan kembali menyalurkan santunan berupa perlengkapan sekolah kepada 37 anak yatim yang tersebar di empat dusun wilayah Desa Arjangka.

Komunitas yang diketuai oleh Hery, SE.,M.Pd itu sejak beberapa bulan lalu berkomitmen untuk terus membantu para kaum duafa guna meringankan beban hidup mereka melalui dana yang terkumpul dari para dermawan (donatur).


Sekretaris KPK Duafa yang juga merupakan salah satu pendidik di SMAN 1 Pringgarata, Suparwadi, S.Pd., mengungkapkan harapannya agar program ini mendapatkan dukungan moril dan materil dari berbagai pihak. "Semoga semakin banyak donatur yang peduli terhadap mereka (kaum duafa) yang membutuhkan bantuan," harapnya.

Lebih lanjut, Suparwadi menegaskan bahwa program jangka panjang KPK Duafa nantinya juga akan menjurus pada pemenuhan kebutuhan pendidikan dan kesehatan anak-anak yatim. "Kedepannya anak-anak yatim terjamin hidupnya baik dari segi kesehatan dan pendidikan" pungkasnya.


Sementara itu, salah seorang penerima santunan, Inaq Sanah merasa bersyukur dan menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan oleh para dermawan melalui KPK Duafa. Menurutnya, bantuan ini dapat meringankan beban kebutuhan sehari-hari. "Mudah-mudahan donatur diberikan kesehatan dan rezekinya bertambah," ucapnya.


Aksi-aksi peduli sosial semacam ini mestinya dilakukan oleh semua orang, tidak hanya sebagai bentuk tanggungjawab sosial melainkan sebagai wujud ketakwaan manusia terhadap sang Pencipta. Sebagaimana perintah Allah SWT kepada hambaNya agar berbuat baik kepada kaum duafa.

"dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin," QS. Al-Baqarah: 83.

Comments