Indonesia Rebut Empat Medali di Ajang International Chemistry Olympiad 2021


edukasinfo.com | Meski di tengah pandemi Covid-19 pelajar Indonesia tidak henti-hentinya mengukir prestasi di kancah internasional. Kali ini, pelajar Indonesia kembali meraih empat medali pada ajang International Chemistry Olympiad (ICho) 2021.

Ajang Icho 2021 diikuti oleh 79 negara, termasuk Indonesia yang berlangsung di Osaka, Jepang pada tanggal 23 Juli hingga 2 Agustus 2021. Pelaksanaan kompetisi kimia itu digelar secara daring (remote access exam) melalui aplikasi Zoom dan platform OlyExam.


Tim ICho Indonesia terdiri atas empat pelajar, yakni Faatih Regind Qashash Roman dari SMAN 03 Semarang berhasil meraih medali perak. Sementara Kevin Lius Bong dari SMAK Petra 1 Surabaya, Hanif Muhammad Zhafran dari MAN Insan Cendekia Serpong, dan Nathanael Reza Putra Widjaja dari SMA Yakobus Jakarta, di mana masing-masing berhasil merebut medali perunggu.

Anggota Tim ICho Indonesia dibimbing oleh para mentor sejak 23 Juli 2021, diawali dengan pertemuan antara para mentor dengan Scientific Committee IChO Jepang 2021 dan IChO Steering Committee.Tiga mentor dari Indonesia yang berasal dari Program Studi Kimia, FMIPA-ITB, yaitu Dr. Deana Wahyuningrum selaku Head Mentor, Dr. Fainan Failamani sebagai Mentor, dan Dr. Irma Mulyani selaku Scientific Observer.


Ketiga mentor tim Indonesia dibantu oleh empat orang Invigilators (pengawas), yaitu Azis Adharis, Ph.D dari Program Studi Kimia Universitas Pertamina yang mengawas di Jakarta, Dr. Arie Hardian dari Program Studi Kimia Universitas Jenderal Achmad Yani mengawas di Bandung, Damar Nurwahyu Bima, S.Si., M.Si. dari Program Studi Kimia Universitas Diponegoro mengawas di Semarang, dan Fatiha Khairunnisa, S.Si., M.Si. dari Program Studi Kimia Universitas Airlangga bertugas mengawas di Surabaya.


Atas torehan prestasi yang diraih oleh tim Indonesia, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asep Sukmayadi, mengungkapkan rasa bangganya yang tidak terhingga atas kerja keras mengikuti ajang ICho 2021 dan berhasil meraih medali.

"Semoga ke depan akan terus menghasilkan prestasi yang cemerlang bagi Indonesia," ucap Asep Sukmayadi di Jakarta, Senin (2/8).


Untuk diketahui bersama bahwa kompetisi International Chemistry Olympiad (ICho) telah berlangsung sejak tahun 1968. Adapun pelaksanaan ICho 2021 berlangsung sejak tanggal 28 Juli 2021, pada pukul 14.00 s.d. 19.00 WIB. Ujian diselenggarakan di empat lokasi berbeda sesuai dengan domisili peserta, yaitu Bandung, Semarang, Jakarta, dan Surabaya.

Comments