Tari Bali Cendrawasih dan Musik Angklung Meriahkan Asia Festival 2021

Foto: Pertunjukkan Kesenian Musik Angklung oleh grup Angklung Orchestra Berlin 

edukasinfo.com | Acara kebudayaan Asia Festival 2021 digelar di Berlin, Jerman. Dalam acara ini, tim Rumah Budaya Indonesia (RBI), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin turut berpartisipasi. Acara berlangsung di arena panggung terbuka, Gärten der Welt, Berlin, pada Sabtu (8/8).


Tim kesenian dari RBI menampilkan Tari Bali Cendrawasih dan Musik Angklung oleh grup Angklung Orchestra Berlin. Kesenian lainnya yang ditampilkan yakni kelompok kesenian dari China, Jepang, dan Korea dan dihadiri oleh 500 orang penonton.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Berlin, Ardi Marwan mengatakan bahwa KBRI Berlin merasa sangat terhormat mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. "Misi kami adalah mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada warga Jerman," ujar Ardi Marwan dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek, pada Kamis (26/8).


Lebih lanjut, Atase Ardi menuturkan bahwa penampilan tim kesenian RBI membuat para penonton terpukau. "Nyaringnya suara angklung memberikan nuansa berbeda pada siang itu. Penonton tampak sangat menikmati tampilan grup Angklung Orchestra Berlin," tuturnya.

Grup Angklung Orchestra Berlin saat itu menampilkan aransemen musik baru yang unik dari beberapa lagu yang sudah familiar di masyarakat seperti My Heart Will Go On.  Penampilan ini memancing tepuk tangan dari para penonton menyambut penampilan atraktif tersebut.


Selain pementasan seni, KBRI di Berlin juga membuka stan interaktif dengan nama ‘Mejejahitan Bali’.  Stan ini menarik kelompok anak-anak karena mereka dapat mencoba membuat kerajinan tangan khas Bali yang hasilnya bisa untuk dibawa pulang. Hal ini sangat dinikmati oleh para pengunjung.

"Beberapa pengunjung bahkan menyampaikan kekaguman mereka atas terpeliharanya budaya tradisional Indonesia khususnya di Bali hingga di era modern seperti saat ini," imbuhnya.


Dalam kesempatan yang sama, Senior Consultant Parkbotschafterin Grün Berlin, Beate Reuber menyampaikan apresiasi  atas dukungan KBRI Berlin dalam acara Asia Festival 2021. "Penampilan kesenian tradisional Indonesia di setiap acara selalu berhasil menarik perhatian pengunjung," ungkap Beate Reuber dalam sambutannya.

Sebagai informasi, Bali merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sudah sangat dikenal dunia, termasuk di Jerman. Keindahan alam dan keelokan budaya merupakan daya pikat tersendiri bagi para wisatawan global.


Adapun acara Asia Festival 2021 di Berlin kali ini merupakan pertunjukkan kesenian tradisional yang pertama kali diselenggarakan di arena panggung terbuka. Selama ini, arena panggung terbuka ini hanya menampilkan konser musik atau tari modern.

Comments