Delapan Pejabat Baru Kemendikbudristek Resmi Dilantik, Berikut Daftarnya.

Foto: Upacara Pelantikan Pejabat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

edukasinfo.com | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi melakukan perombakan pejabat. Delapan pejabat tinggi madya, pratama, dan fungsional baru dilantik oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.


Acara pelantikan diselenggarakan secara luring dan daring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Plaza Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, pada Selasa (24/8).

Dalam acara tersebut, Mendikbudristek menyampaikan harapan besarnya kepada para pejabat yang dilantik untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik. "Saya percaya Saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," ucap Nadiem.


Lebih lanjut, Menteri Nadiem dalam sambutannya mengungkapkan bahwa selama dua tahun terakhir ini Kemendikbudristek mengalami dua dinamika yang luar biasa. Pertama, terjadi dua kali perubahan organisasi berupa bergabungnya kembali unsur Pendidikan Tinggi pada tahun 2019 dan pada tahun 2021 bergabungnya unsur Riset dan Teknologi.


Dinamika kedua adalah munculnya pandemi Covid-19 yang sangat berdampak pada dunia pendidikan dan kebudayaan. "Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kinerja dan menguatkan kolaborasi guna menghadirkan layanan yang terbaik di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi," ujar Mendikbudristek.

Adapun pejabat yang dilantik yakni, mantan Deputi Gubernur bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2019-2021, Suharti dilatik sebagai Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek menggantikan Ainun Na’im.


Suharti merupakan alumni program doktor Australian National University dan pernah menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan periode 2015-2019. Selain itu, Suhartini adalah lulusan terbaik dengan prestasi istimewa dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VI Tahun 2019.

Pejabat lainnya yang dilantik yakni mantan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh, Irini Dewi Wanti sebagai Direktur Pelindungan Kebudayaan di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan.


Selain Pejabat Tinggi Madya dan Pejabat Tinggi Pratama, Mendikbudristek juga melantik beberapa rektor diantaranya: 1) Ojat Darojat sebagai Rektor Universitas Terbuka periode 2021-2025; 2) Ridha Ajam sebagai Rektor Universitas Khairun periode 2021-2025; 3) Beatus Tambaip sebagai Rektor Universitas Musamus periode 2021-2025; dan 4) I Nyoman Gde Antara sebagai Rektor Universitas Udayana periode 2021-2025.


Sementara di tubuh Politeknik Maritim Negeri Indonesia juga mengalami perubahan dengan dilantiknya Ahmad Nuriyanis sebagai Direktur untuk periode 2021-2025. Kemudian, Menteri Nadiem juga melantik Abi Sujak sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama pada Pusat Data dan Informasi Pendidikan.

Seperti biasanya, usai pelantikan Nadiem menyaksikan serah terima jabatan antara penjabat Sekretaris Jenderal yang sebelumnya kepada penjabat yang baru.

Comments