Tujuan dan Manfaat Program Guru Merdeka Belajar


edukasinfo.com | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah resmi membuka Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar melalui portal https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/. Program ini merupakan upaya membantu guru dan satuan pendidikan dalam memahami konsep guru merdeka belajar sekaligus meningkatkan kompetensi pengembangan diri secara mandiri agar dapat mengembangkan karier.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya. Beberapa persoalan yang dihadapi oleh guru diantaranya, 1) Banyaknya tugas dan tanggung jawab baik yang terkait dengan pembelajaran maupun administrasi; 2) Guru sering mengikuti banyak pelatihan namun tidak sesuai dengan kebutuhannya; dan 3) Guru merasa kelelahan dan merasa tidak berkembang kariernya meskipun sudah mengajar bertahun-tahun.

Memperhatikan berbagai persoalan yang dihadapi guru maka program ini bertujuan untuk membantu para guru di seluruh tanah air mendapatkan kunci pengembangan diri: kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier.

Secara umum tujuan Guru program Guru Belajar seri Guru Merdeka Belajar adalah untuk meningkatkan kompetensi, menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri, dan berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.

Sementara secara khusus program ini betujuan untuk: 1) Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga para guru bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran; 2) Mengenali konsep pengembangan diri sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan

Program Guru Belajar seri Guru Merdeka Belajar sendiri dapat diikuti oleh para guru di seluruh Indonesia dari berbagai jenjang seperti Guru PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Pemimpin Pendidikan yang telah memiliki Akun SIMPKB.

Adapun materi-materi yang dipelajari dalam program ini seperti, tujuan Pendidikan, konsep Merdeka Belajar, Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar, dan Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar.

Program ini sangat bermanfaat bagi para guru dalam memahami konsep Merdeka Belajar. Beberapa manfaat mengikuti program ini antara lain: 1) Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran; 2) Mengenali konsep pengembangan diri Guru Merdeka Belajar sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan; dan 3) Mendapatkan kesempatan dan pendampingan belajar lanjutan melalui program Kelas Merdeka Belajar.

Untuk mengikuti program ini secara efektif para guru harus memperhatikan beberapa hal seperti, mengikuti instruksi pembelajaran dengan teliti, mempelajari secara seksama semua konsep, mengisi kuis sesuai kondisi Anda sebenarnya, serta melakukan latihan secara mandiri dan berkala. 

Comments