Macam-macam Penilaian dalam Pembelajaran


Pada dasarnya setiap tingkah laku manusia selalu mengalami proses penilaian (assesment), pengukuran dan/atau penilaian. Dalam proses pembelajaran di sekolah juga melakukan proses evaluasi terhadap peserta didik. Penilaian atau evaluasi sendiri merupakan kegiatan pengumpulan informasi dengan berbagai cara untuk memantau perkembangan dan kinerja peserta didik.

Dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik terdapat beberapa tipe dan pendekatan diantaranya:


1. Asesmen Diagnostik
Penilaian dengan pendekatan asesmen diagnostik merupakan bentuk pra-penilaian, di mana seorang guru melakukan upaya memahami kelebihan dan kekurangan peserta didik sebelum melakukan proses pembelajaran. Dengan asesmen ini guru dapat mengetahui tingkat kognitif peserta didik sehingga dapat memutuskan tindak lanjut dalam mendesain pembelajaran.

2. Formatif dan Sumatif
Penilaian formatif adalah evaluai yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian formatif biasa disebut dengan Assesment for Learning (AFL). Sedangkan penilaian sumatif merupakan penilaian yang dilakukan di akhir proses pembelajaran. Penilaian sumatif biasanya digunakan untuk menentukan kinerja akhir peserta didik seperti ulangan akhir semester atau ujian kelulusan. Penilaian sumatif biasa disebut Assesment Of Learning (AOF).

3. Penilaian Informal dan Formal
Penilaian informal biasanya dilakukan dalam bentuk umpan balik dengan peserta didik seperti memberikan pertanyaan-pertanyaan awal sebelum memulai pembelajaran. Sedangkan penilaian formal merupakan evaluasi terhadap kinerja peserta didik selama proses pembelajaran, baik berupa tes tertulis maupun lainnya dengan menggunakan standar yang telah ditetapkan.


4. Continuous Assesment dan Final Assesment
Continuous merupakan penilaian sepanjang pengalaman belajar atau terus-menerus. Sementara Final Assement merupakan penilaian di akhir kegiatan belajar. Penilaian akhir biasanya digunakan untuk pengambilan keputusan sumatif.

5. Penilaian Proses dan Penilaian Produk
Penilaian proses adalah penilaian yang terfokus pada langkah-langkah atau prosedur yang mendasari kemampuan tertentu, seperti mengerjakan tugas dengan proses penyelesaian yang sesuai prosedur yang sistematis. Sedangkan penilaian produk merupakan penilaian pada karya atau hasil akhir dari tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

6. Divergent Assesment dan Convergent Assesment

Comments

Post a Comment

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…