Tari Indonesia Meriahkan Acara Paris Cafe Festival 2021

Foto: Penampilan Tari Driasmara dalam acara Paris Cafe Festival 2021 di Prancis

edukasinfo.com | Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Prancis tetap berkomitmen mempromosikan budaya Indonesia di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel itu.

Promosi budaya dilakukan dalam setiap moment-moment besar di Paris, salah satunya yaitu dalam acara Paris Cafe Festival 2021. Acara ini merupakan ajang promosi produk kopi secara internasional, termasuk dari Indonesia yang juga mengisi salah satu stan di sini dengan menampilkan Kopi Aceh. Dalam acara ini Atdikbud RI di Paris juga menampilkan Tari Tradisional Indonesia.


Dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek, Atdikbud RI di Paris, Warsito, mengatakan bahwa partisipasi KBRI Paris dalam Paris Cafe Festival kali ini juga dibarengi dengan penampilan Tari Tradisional Indonesia pada acara pembukaannya, yaitu Tari Driasmara dan Tari Piring.
Foto: Tari Piring 

Acara pembukaan Paris Cafe Festival diselenggarakan pada 29 hingga 31 Oktober 2021 lalu. Acara ini berhasil menyedot lebih dari 2.500 pengunjung.


Lebih lanjut, Warsito menjelaskan bahwa Prancis memiliki kesamaan dengan Indonesia dalam hal kecintaan dan komitmen terhadap budaya yang tinggi. Menurutnya, hal ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Prancis untuk menyambut baik budaya asing, termasuk dari Indonesia.

Selain itu, Atdikbud Warsito juga mengungkapkan, Prancis terkenal dengan banyaknya kota yang tersohor sebagai destinasi wisata dan juga kesungguhan pemerintahnya dalam mengapresiasi seni budaya.

“Di semua kota di Prancis, banyak dijumpai pusat-pusat kebudayaan, baik museum, pusat pelestarian budaya, pusat kebudayaan dan pusat-pusat kegiatan asosiasi. Semua wali kota di Prancis juga selalu memiliki wakil wali kota bidang kebudayaan,” ungkap Warsito, Senin (1/11).


Tak hanya itu, Atdikbud RI di Paris juga mengklaim bahwa kegiatan-kegiatan promosi kebudayaan juga membawa dampak langsung terhadap peningkatan jumlah orang Prancis yang berminat belajar Bahasa Indonesia di KBRI Paris, bahkan berkunjung ke Indonesia langsung.

“Maka itu, kegiatan promosi tentang Indonesia secara terpadu akan terus dilakukan oleh KBRI Paris,” pungkasnya.

Tari Driasmara yang ditampilkan dalam acara Paris Cafe Festival 2021 merupakan tarian yang yang berasal dari Yogyakarta dan Surakarta yang menceritakan liku-liku kehidupan percintaan Panji dengan Sekartaji yang berakhir bahagia.


Sedangkan Tari Piring berasal dari Sumatra Barat. Tari ini menampilkan gerakan-gerakan yang melambangkan kegiatan pekerjaan masyarakat, antara lain: gerak batanam (bertanam), gerak manyabik (menyabit), gerak mengirik (mengirik padi), dan gerak baguliang (berguling).


Comments