Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai Kecerdasan Peserta Didik




Center for Applied Special Technology (CAST) di Harvard menjelaskan tiga prinsip dalam menjelaskan kerangka Universal Design Learning (UDL) yaitu multiple  means  of  engagement, multiple means of representation, dan multiple means of action and expression.

Ketiga prinsip tersebut diimplementasikan dalam pembelajaran sesuai kecerdasan yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Untuk implementasi prinsip multiple means of representation dapat dilakukan dengan strategi sebagai berikut:


1. Kecerdasan Verbal-Linguistik pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan  strategi (bertanya).

2. Kecerdasan Logis-Matematis pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan strategi (mengutarakan argumentasi atau pendapat).

3. Kecerdasan Spasial-Visual pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan strategi (Mendemonstrasikan sesuatu materi yang dibahas).


4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan strategi  (Berolahraga).

5. Kecerdasan Musikal pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan strategi (Latihan bernyanyi)

6. Kecerdasan Intrapersonal pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan strategi  (melatih emosi)

7. Kecerdasan Interpersonal pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan strategi  (Diskusi kelompok)


8. Kecerdasan Naturalis pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan strategi  (Mengaitkan materi pembelajaran dengan alam sekitar masyarakat)

9. Kecerdasan Eksistensial pada diri peserta didik dapat dilatih dan memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan pemahaman dengan strategi  (Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasikan diri)

Comments