Seleksi KSN-K 2021 Tengah Berlangsung, Berikut Penjelasannya.



edukasinfo.com |
 Pusat 
Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah resmi memulai tahapan seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021. Kompetisi ini merupakan ajang perhelatan akbar yang digelar setiap tahunnya. Dua tahun sebelumnya ajang ini bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Pada tahun ini tahapan seleksi telah dimulai untuk menjaring siswa-siswi terbaik di tingkat kabupaten/kota jenjang SMA/MA untuk melaju ke tingkat nasional. Terdapat sembilan bidang yang dilombakan, yaitu matematika, fisika, kimia, informatika, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring/online di satuan pendidikan masing-masing pada tanggal 2 s.d 4 Juni 2021.
Sebanyak 34 provinsi di Indonesia dan 15 Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang berlokasi di Bangkok, Beograd, Cairo, Davao, Den Haag, Jeddah, Mekkah, Riyadh, Johor Baru, Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Moscow, Singapura, Tokyo dan Yangoon akan mengikuti KSN 2021 secara serentak pada pukul 08.00 waktu setempat.

Sebelumnya pada tanggal 2 Juni 2021 lalu telah dilaksanakan sinkronisasi data terlebih dahulu, kemudian pada tanggal 3 s.d. 4 Juni dilakukan tes untuk lima bidang lomba, yakni matematika, fisika, kimia, informatika dan biologi. Selanjutnya, pada tanggal 4 Juni akan diselenggarakan seleksi untuk empat bidang lomba, yakni astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menjelaskan bahwa KSN-K merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari 40 kegiatan nasional dan lebih dari 20 kegiatan internasional yang diselenggrakan oleh Kemendikbudristek. Asep memberikan semangat kepada seluruh peserta Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten (KSN-K) untuk tetap menjaga integritas dan berprestasi.
"Untuk Sobat Prestasi, tetap penuh integritas sebagai tanda generasi yang semangat, semangat menolak menyerah, dan terus semangat meraih prestasi. Sukses untuk peserta KSN-K seluruh Kabupaten/Kota dari Sabang sampai Merauke. Sampai ketemu di KSN tingkat provinsi mendatang,” ucap Asep di Jakarta, pada Kamis (3/6).

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Asep kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan KSN-K tahun ini. Ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana sesuai harapan. "Semoga pelakasaan KSN-K tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa hambatan yang berarti," pungkasnya.

Jumlah pendaftar KSN-K 2021 keseluruhan sebanyak 151.137 peserta dari 8.639 sekolah. Peserta lomba matematika sebanyak 19.508 peserta, fisika 17.741 peserta, kimia 18.372 peserta, informatika 13.781 peserta,  biologi 19.466 peserta, astronomi 12.880 peserta, kebumian 13.890 peserta, ekonomi 17.813 peserta, dan geografi 17.686 peserta.
Untuk beberapa kabupaten yang masih terkendala dengan jaringan seperti Kabupaten Keerom, Papua, dan Kota Papua di Provinsi Papua, seleksi dilakukan dengan cara mendatangi secara langsung ke lokasi seleksi oleh tim Pusat Prestasi Nasional untuk mengantar soal dan sekaligus mengambil jawaban dari peserta. Hal ini sebagai bentuk komitmen Kemendikbudristek memajukan pendidikan di seluruh Indonesia termasuk daerah 3T.

Sumber : Siaran Pers Nomor: 232/sipres/A6/VI/2021

Comments