Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Ajang IOI Tahun 2022

edukasinfo.com | Indonesia resmi terpilih menjadi tuang rumah perhelatan Olimpiade Informatika Tingkat Internasional atau International Olympiad in Informatics (IOI) yang ke-34 pada tahun 2022 mendatang. Perhelatan ini rencananya akan diselenggarakan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelumnya, ajang bergengsi ini sukses diselenggrakan secara daring di Singapura selaku tuan rumah IOI ke-33 tahun 2021.

Penetapan Indonesia menjadi tuan rumah IOI ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Menteri Negara  untuk Kementerian Pendidikan dan Kementerian Tenaga Kerja, Singapura, Gan Siow Huang kepada Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Singapura, Suryo Pratomo, pada Sabtu malam (26/6).

Pelaksanaan IOI ke-34 di Indonesia diharapkan dapat terselenggara secara luar jaringan (luring). Dengan demikian para peserta olimpiade dapat datang langsung ke Indonesia. Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Ainun Na’im dalam sambutannya secara virtual pada acara serah terima bendera pataka IOI ke-33 mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa dan berusaha agar pandemi Covid-19 segera usai, sehingga penyelenggaraan IOI 2022 dapat dilaksanakan secara luring.

“Dengan begitu, seluruh peserta dari seluruh penjuru dunia akan dapat menikmati keindahan Indonesia, khususnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” ucap Ainun Na’im.

Lebih lanjut, Ainun Na’im mengungkapkan perlunya persiapan secara matang bagi semua pihak telebih lagi dalam situasi dan kondisi pandemi yang belum usai. Pada dasarnya ajang ini bukan lagi hal baru bagi Indonesia. “Indonesia berpartisipasi pada kompetisi ini sejak tahun 1995 dan membantu menciptakan kemampuan literasi dan numerasi (computational thinking) bagi anak-anak di Indonesia agar dapat bersaing di ajang Internasional,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dubes RI, Suryo Pratomo mengatakan, IOI bukan hanya memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkompetisi dan meningkatkan pengetahuan tentang Informatika, akan tetapi IOI juga menjadi arena untuk mengembangkan jejaring bagi generasi muda dengan teman-temannya dari negera lain.

“Kemampuan mengembangkan jejaring merupakan kemampuan yang diperlukan oleh para calon pemimpin bangsa di masa mendatang,” ujar Suryo Pratomo

Bagi Indonesia, menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi tingkat Internasional bukanlah hal baru. Berbagai perhelatan telah sukses diselenggarakan. Sebelum menjadi tuan rumah IOI ke-34, Indonesia juga menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya pada ajang Asia-Pacific Informatics Olympiad, yaitu pada tahun 2015, 2020, dan 2021.

Comments