Kades Bukit Tinggi Apresiasi Program KKN Unram

Kepala Desa Bukit Tinggi - Gunung Sari


edukasinfo.com |
Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat hari ini, Senin 21 Juni 2021 menerima kedatangan mahasiswa Universitas Mataram (Unram) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pariwisata dan Lingkungan. Kegiatan ini akan fokus mengembangkan potensi ekowisata berbasis agribisnis jamur tiram skala rumah tangga yang akan dilaksanakan pada periode, 21 Juni s.d 5 Agustus 2021.

Kepala Desa Bukit Tinggi, Anwar Haris sambut baik kedatangan mahasiswa KKN Unram di ruang kerjanya. Ia mengapresiasi mahasiswa KKN tahun ini telah melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik bersama pihak desa sesuai prosedur sejak awal observasi pada beberapa bulan lalu.

"Adik-adik (mahasiswa) diantar dan diserahkan oleh dosen pembimbing dan kami menerima dengan baik karena mereka ber-KKN di desa kami sesuai prosedur" ungkap Kades kepada media ini.


Lebih lanjut, Kades menjelaskan bahwa selain memiliki program sendiri, pihak desa juga telah menyiapkan rencana program kerja yang nantinya akan dilaksanakan oleh mahasiswa, seperti halnya melakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat. Hal ini sekaligus sebagai momentum implementasi teori-teori yang mahasiswa dapatkan di bangku kuliah.

"Selain memiliki program sendiri yang mereka kembangkan, kita (pihak desa) juga akan minta mahasiswa untuk membantu mendampingi proses pembelajaran di PAUD, SD, TK dan turut menjaga kebersihan lingkungan desa" pungkasnya.

Foto besama Mahasiswa KKN, Dosen Pembimbing, dan Perangkat Desa



Sementara itu, Ketua Pusat Layanan KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNRAM, Dr. Ir. Siti Hilyanamelaporkan jumlah mahasiswa KKN Tematik periode semester genap, Juni - Agustus Tahun Akademik 2020/2021 sebanyak 1.707 orang mahasiswa dari 9 fakultas dan 3 prodi dibawah rektor. Peserta KKN Tematik ini terdistribusi dalam empat tema besar yakni, Pariwisata dan Lingkungan yang diikuti oleh 570 orang, Kewirausahaan dan Digital sebanyak 715 orang, Zero Waste dan Mahadesa sebanyak 412 orang.


"Dalam pelaksanaan KKN ini, dilengkapi dengan pelaksanaan KKN yang diperpanjang yang akan dlaksanakan di negeri Jepang sejumlah 9 orang yang akan berangkat pada 24 Juni 2021 dan akan menyusul berjumlah 20 orang. Sehingga mahasiswa yang akan melaksanakan KKN-T yang diperpanjang di negeri Jepang berjumlah 29 orang" sebut Siti Hilyana dalam acara pelepasan KKN Tematik 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting dan Kanal  Youtube Official LPPM Universitas Mataram, Senin (21/6).

Total mahasiswa KKN Tematik 2021 yang dilepas sebanyak 1.707 orang yang didampingi oleh 114 dosen pembimbing lapangan. Pelepasan mahasiswa KKN Tematik telah melalui proses dan tahapan sesuai peraturan yang tertuang di dalam buku pedoman KKN Unram.

Comments