Empat Siswa Indonesia Juara dalam Ajang IOI Ke-33 di Singapura



edukasinfo.com |  Tim Indonesia kembali mengukir prestasi pada kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) ke-33 yang diselenggarakan di Singapura secara daring pada 19 s.d 25 Juni 2021. Empat siswa Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional dengan meraih empat medali.

Medali emas diraih oleh siswa SMA Semesta BBS Semarang, Pikatan Arya Bramajati dan tiga medali perak diraih oleh siswa SMA Cita Hati Christian Surabaya, Nicholas Patrick; siswa SMAK Kanisius Jakarta, Rama Aryasuta Pangestu; dan siswa SMA Sutomo 1 Medan, Edbert Geraldy Cangdinata.


Atas prestasi ini, pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada empat siswa Indonesia terbaik bidang informatika yang telah berhasil meraih medali pada ajang bergengsi tersebut.

“Selamat kepada adik-adik yang telah mempersembahkan empat medali dari empat siswa terbaik yang kami kirim pada kompetisi IOI ke-33,” ucap Asep di Jakarta, pada Senin (28/6).

Lebih lanjut, Asep Sukmayadi mengatakan Pusat Prestasi Nasional  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) konsisten mengirimkan pelajar-pelajar berprestasi pada berbagai kompetisi bidang informatika seperti IOI ke-33 tahun 2021.


“Oleh karena itu, lebih dari 15-20 tahun ini, Kemendikbudristek juga senantiasa konsisten menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional, khususnya di bidang informatika,” ujar Asep Sukmayadi.

Ajang ini merupakan momentum Kemendikbudristek menyiapkan peserta didik terbaik untuk menjajal kemampuan dan memberikan pengalaman di level internasional. Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa International Olympiad in Informatics merupakan kompetisi sains tertinggi di bidang informatika yang diselenggarakan setiap tahun. Pada tahun ini, 355 peserta dari berbagai Negara bergabung dalam IOI ke-33.


Peraih medali emas, Pikatan Arya Bimajati mengungkapkan, kompetisi tingkat nasional membuatnya menjadi lebih baik lagi untuk berprestasi pada kompetisi tingkat internasional. “Karena jelas lebih susah dan lebih ketat persaingannya,” ucapnya.

Baca juga : Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Ajang IOI Tahun2022

Keberhasilan Tim Indonesia meraih medali emas dan perak tahun ini menjadi modal dan motivasi besar Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi IOI ke-34 tahun 2022 mendatang. Rizal Alfian selaku Ketua Umum Panitia Penyelenggaran IOI ke-34 Tahun 2022, mengatakan bahwa pada tahun 2022 pagelaran IOI ke-34 rencananya akan berlangsung di Provinsi D.I. Yogyakarta.

Untuk itu, Indonesia nantinya akan menghadirkan kesan kenyamanan dan kepuasan kepada para peserta dalam berlomba. Ajang ini juga sekaligus sebagai kesempatan menyebarkan demam computational thinking, programming, menguatkan digital creative, dan turut mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia.

Comments