Rektor Universitas Mataram Kirim Mahasiswa KKN Tematik ke Jepang

Acara Pelepasan Virtual


edukasinfo.com | Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum resmi melepas 1.707 orang mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik periode Juni s.d Agustus 2021 Tahun Akademik 2020/2021. Pelepasan dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting dan Kanal Youtube Official LPPM Unram, Senin (21/6).

Prof. Husni menerangkan, KKN merupakan bentuk pendidikan di luar kampus sekaligus merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Meski di tengah pandemi Covid-19, KKN tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Unram sebagai institusi pendidikan berperan strategis membantu pemerintah mempersiapkan masyarakat menuju masyarakat yang mandiri, berbudaya melalui program KKN Tematik dan KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)" ucap Rektor.

Lebih lanjut, Prof. Husni mengatakan, pelaksanaan KKN kali ini dilengkapi dengan KKN yang diperpanjang. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Jepang. "Saya menyampaikan ucapan selamat bagi mahasiswa yang berkesempatan untuk melaksanakan KKN Tematik yang diperpanjang di luar negeri" imbuhnya.

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial budaya dan dunia kerja serta kemajuan teknologi yang pesat dan masif, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan dan tantangan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja melainkan dengan masa depan yang berubah secara cepat.

Untuk itu, perguruan tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran yang mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan secara optimal dan relevan. Disamping mahasiswa juga harus menjadi pembelajar sejati yang kreatif dan inovatif.

Mengingat besarnya manfaat yang dapat diperoleh, Rektor Unram Ke-9 itu juga meminta kepada seluruh Ketua Program Studi (Kaprodi) agar mengarahkan mahasiswa untuk mengikuti KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan amanah Permendikbud No 3 tahun 2020.

“Kami juga mengingatkan seluruh mahasiswa peserta KKN, harus menjalankan program kerja secara profesional dan optimal,” serunya.

Hal tersebut ditekankan karena pelaksanaan KKN dinilai sebagai bentuk sumbangsih kampus terhadap pembangunan dan pengembangan iptek, sosial, ekonomi dan budaya. Selain itu, Perguruan Tinggi memiliki peran penting sebagai motor penggerak dalam mensukseskan pembangunan.

Besarnya tugas dan tanggungjawab yang diemban oleh pemerintah maka dibutuhkan kontribusi berbagai pihak termasuk sektor kampus. Dengan demikian, mahasiswa yang terjun ke masyarakat dalam kegiatan KKN harus dipersiapkan secara matang agar memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Pusat Layanan KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unram, Dr. Ir. Siti Hilyana melaporkan, jumlah mahasiswa KKN Tematik periode semester genap, Juni - Agustus Tahun Akademik 2020/2021 sebanyak 1.707 orang mahasiswa dari 9 fakultas dan 3 prodi dibawah rektor. Peserta KKN Tematik ini terdistribusi dalam tiga tema besar yakni, Pariwisata dan Lingkungan yang diikuti oleh 570 orang, Kewirausahaan dan Digital sebanyak 715 orang, Zero Waste dan Mahadesa sebanyak 412 orang.

"Dalam pelaksanaan KKN ini, dilengkapi dengan pelaksanaan KKN yang diperpanjang yang akan dlaksanakan di negeri Jepang sejumlah 9 orang yang akan berangkat pada 24 Juni 2021 dan akan menyusul berjumlah 20 orang. Sehingga mahasiswa yang akan melaksanakan KKN-T yang diperpanjang di negeri Jepang berjumlah 29 orang" sebut Siti Hilyana.

Total mahasiswa KKN Tematik 2021 yang dilepas sebanyak 1.707 orang yang didampingi oleh 114 dosen pembimbing lapangan. Pelepasan mahasiswa KKN Tematik telah melalui proses dan tahapan sesuai peraturan yang tertuang di dalam buku pedoman KKN Unram, mulai dari poses pendaftaran, validasi data serta pembekalan dengan sistem pengklasteran sesuai tema yang ditetapkan oleh kampus.


"Dalam proses pembekalan, pusat layanan KKN telah melibatkan berbagai pihak terutama pihak mitra strategis dan potensial untuk ikut ambil bagian dalam proses pembekalan agar program kerja mahasiswa dapat berjalan pada tingkatan yang paling efektif dan tepat sasaran" tandasnya.

Comments