Siswa Berkebutuhan Khusus Buktikan Prestasi di Kancah Internasional

Foto: PDBK sedang mengikuti lomba tata rias Cidesco Make Up and Body Art Competition

edukasinfo.com | Ajang kompetisi tata rias internasional Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021 yang berlangsung pada Rabu, 8 September 2021 secara daring berhasil dimenangkan oleh peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) dari Indonesia.


Prestasi ini menjadikan nama Indonesia kembali harum di kancah internasional. Kelima penghargaan tersebut di anataranya; 2nd Runner Up diraih oleh Rezky Aulia Putri dari SLB Negeri 1 Bantul, DI Yogyakarta; Best of Unique Design diraih oleh Sri Susilawati dari SLB Negeri Cipatujah, Jawa Barat.

Selanjutnya, Best of The Synopsis diraih oleh Rachel Ramadhini dari SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi; Best of The Country from Indonesia diraih oleh Rezky Aulia Putri dari SLB Negeri 1 Bantul, DI Yogyakarta. Sementara itu, penghargaan The Most Popular Vote berhasil diraih oleh Angelica Salwa Muharam dari SLB Negeri 1 Jakarta.


Pada ajang tersebut, para PDBK mendapatkan fasilitas dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengikuti ajang internasional tersebut secara semi daring di Bandung, Jawa Barat.


Ajang Cidesco Make Up and Body Art Competition tahun ini untuk pertama kalinya diselenggarakan secara virtual selama lima jam pada waktu yang bersamaan dengan negara lain. Hal ini dikarenakan oleh situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Sebelumnya, ajang ini diselenggarakan secara langsung dan para PDBK Indonesia dikirim ke Chicago, Amerika Serikat dan berhasil mendapatkan penghargaan Best Special Award for Performance.


General Secretary of CIDESCO Section Indonesia, Wiena Latifah Sari mengungkapkan bahwa tata rias tubuh atau body art dan body painting merupakan teknik yang masih asing di Indonesia. Teknik tata rias ini kemudian diperkenalkan ke Indonesia dan ternyata cukup diminati.

"Kita tidak menyangka karena kita hanya membuka satu kategori saja, yaitu profesional dan student. Jadi menurut saya ini patut diapresiasi untuk lomba secara virtual ini," ujar Wiena saat ditemui usai pengumuman Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021 di Bandung, Jawa Barat, (8/9), yang dilansir dari laman Kemendikbudristek.


Adapun beberapa kriteria penilaian dalam Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021 yakni kebersihan dan higienis. “Karena di Cidesco ini kebersihan diutamakan, jadi tidak boleh berantakan.

Aspek lainnya yang dinilai dalam lomba ini adalah pewarnaan desain, kesesuaian  dengan tema, dan performance dari presentasi. PDBK yang mengikuti Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021 memiliki keterbatasan dalam indera pendengaran.

Sebanyak sembilan peserta dari Indonesia merupakan tuna rungu sehingga setiap siswa didampingi oleh seorang guru pendamping.


Atas raihan prestasi tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi, menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi kepada para PDBK di ajang Cidesco Make Up and Body Art Competition 2021.

"Alhamdulillah, sampai saat ini masih berkesempatan untuk melejitkan prestasi talenta ke ajang internasional, kami bangga terhadap kalian yang tak kenal lelah untuk berkembang," kata Asep.


Sebagai informasi, Cidesco Make Up and Body Art Competition tahun 2021 diikuti oleh sembilan siswa berkebutuhan khusus dari delapan provinsi di Indonesia. Sebanyak tujuh siswa mengikuti lomba secara luring di Bandung, Jawa Barat, dan dua siswa mengikuti lomba secara daring.

Cidesco Make Up And Body Art Competition merupakan kompetisi bidang kecantikan tingkat internasional yang diselenggarakan setiap tahun. Ajang ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan mengapresiasi penata rias terbaik di dunia.


Organisasi yang menaungi ajang ini adalah Comité International d’Esthétique et de Cosmétologie (CIDESCO). Organisasi ini memiliki anggota yang terdiri dari sekolah kecantikan, pusat kecantikan, dan siswa kecantikan bersertifikat Cidesco yang ada di lebih dari 40 negara di 5 benua.

Kompetisi ini terbuka bagi umum baik bagi para profesional maupun bagi para pelajar. Sementara tema Cidesco Make Up And Body Art Competition pada tahun ini adalah "Beauty of Tropical Paradise".

Comments