Dorong Prestasi Olahraga, Puspresnas Resmi Buka KOSN 2021

Foto: Dirjen PAUDDikdasmen), Jumeri saat membuka acara KOSN 2021 secara virtual.

edukasinfo.com | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) resmi menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tahun 2021. Kompetisi ini diharapkan dapat mendorong siswa untuk berprestasi di bidang olahraga dan mewujudkan nilai-nila Pelajar Pancasila.

Tema yang diusung pada KOSN 2021 kali ini adalah “Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik untuk Indonesia Pulih”. KOSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai tanggal 20 s.d. 26 September 2021.


Direktur Jenderal Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUDDikdasmen), Jumeri, memaparkan program baru pemerintah pusat terkait olahraga nasional. Jumeri mengatakan bahwa Presiden RI Bapak Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 86 tahun 2021, tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Melalui Perpres tersebut, pemerintah berupaya meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, meningkatnya kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi nasional, serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.


“Kompetisi olahraga sejalan dengan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif, untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang olahraga,” ujar Dirjen Jumeri pada acara pembukaan KOSN 2021 secara virtual, Senin (20/9).

Dirjen Jumeri mengklaim bahwa KOSN 2021 merupakan terobosan baru dalam hal kompetisi olahraga virtual, sekaligus sebagai upaya mewujudkan program DBON.  Ia juga mengapresiasi Puspresnas atas pelaksanaan KOSN 2021. Selain itu, Jumeri berharap para peserta menjunjung tinggi kejujuran, sportifitas, dan integritas sebagai wujud karakter yang baik dan palingg utama.


“Lakukan semua dengan ikhlas, dan jangan melakukan sesuatu dengan niat mencari perhatian atau pujian, lakukan dengan niat baik dan ketulusan. Tetap tingkatkan imun, pola makan seimbang, dan patuhi protokol kesehatan, istirahat yang cukup. Mari bersama bangkit dari pandemi,” ucapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menyampaikan laporan kegiatan. Pada laporannya, Asep menjelaskan bahwa KOSN 2021 tingkat nasional dilaksanakan secara daring dengan jumlah peserta pada cabang olahraga Pencak Silat 198 siswa dan Karate 130 siswa untuk jenjang SD.

Sementara pada jenjang SMP, Pencak Silat sebanyak 199 siswa dan Karate 134 siswa. Kemudian untuk jenjang SMA, cabang olahraga Pencak Silat sebanyak 132 siswa dan Karate 125 siswa. Sedangkan untuk SMK diikuti oleh 128 siswa Pencak Silat dan 129 siswa Karate.


Adapun pada jenjang SDLB, cabang olahraga yang diikuti yakni Tolak Peluru 15 siswa, Lempar Bola Kasti 19 siswa, dan Bocce 16 siswa. Untuk jenjang SMPLB dan SMALB mengikuti cabang Tenis Meja sebanyak 15 siswa, Lompat Jauh Tanpa Awalan 24 siswa, Bulu Tangkis 19 siswa, Bola Basket 16 siswa, Bocce 16 siswa, dan Balap Kursi Roda 11 siswa.

Asep mengatakan bahwa terlaksananya KOSN 2021 tidak terlepas dari peran berbagai pihak seperti juri, guru, dan pelatih. “Kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya, juga orang tua yang selalu mendampingi dan memotivasi putra dan putrinya untuk tetap bersemangat,” ucapnya.


Di samping itu, peserta cabang Karate dari Jawa Timur SMAN 1 Kota Kediri, Indiria Maureen, mengungkapkan rasa bangganya bisa mengikuti KOSN 2021 tingkat nasional. Indiria mengaku sudah melakukan persiapan matang untuk memberikan yang terbaik. “Harapannya bisa menjadi juara 1 di cabang olahraga karate,” harapnya.

Comments