Psikologi: Tips Sukses Menghadapi Ujian PPPK 2021

Foto: Psikolog dari Lembaga Cahaya Hati, Nurina, M. Psi., CHA., CGA saat memberikan tips khusus dalam menghadapi ujian seleksi calon guru ASN PPPK 2021.

edukasinfo.com | Pelaksanaan seleksi calon guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I saat ini sedang belangsung. Seleksi tahap I diselenggarakan pada 13 s.d. 17 September 2021.


Untuk memberikan informasi teknis dan berbagai strategi persiapan yang dibutuhkan pada seleksi ASN PPPK 2021, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan webinar persiapan seleksi pada, Kamis (9/9).

Dalam webinar tersebut, turut hadir Psikolog dari Lembaga Cahaya Hati, Nurina. Menurutnya, secara psikologi para peserta harus melakukan  persiapan diri secara baik dalam menghadapi ujian agar dapat mengatur afeksi atau perasaaan.


Berdasarkan pandangan psikologi, Nurina menjelaskan bahwa manusia memiliki tiga komponen di dalam diri. Pertama, komponen kognitif atau komponen berfikir. Persiapan secara kognitif mengandalkan kemampuan berpikir. Belajar yang diiringi dengan ketenangan batin, dan disertai dengan rasa optimis.

Kedua, komponen afektif atau kemampuan mengelola perasaan. Perasaan atau emosi seseorang sebaiknya diungkapkan sehingga tidak menjadi beban dalam menjalankan aktivitas.


Komponen selanjutnya, ketiga adalah kemampuan konatif atau kecenderungan diri untuk berprilaku. Jika komponen ini ditata dan dikelola dengan baik maka kesuksesan sudah dalam genggaman individu yang bersangkutan.

Adapun tips khusus yang diberikan Psikolog, Nuri kepada para peserta menjelang ujian din antaranya, Pertama, sebaiknya mengatur jam biologisnya seperti jam tidur, jam bangun tidur, dan jam makan. Hal ini akan memberikan sirkulasi emosi menjadi positif sehingga kemampuan berpikir bisa menjadi lebih cepat dan terang.


Selain itu, menghindari konflik merupakan hal penting agar calon peserta seleksi ASN PPPK menjadi tenang dan rileks. Tidak hanya itu, para peserta seleksi juga harus memiliki memiliki estimasi waktu.

Sebagai informasi, seleksi guru ASN PPPK diklaim sebagai upaya pemerintah menyediakan kesempatan yang adil, bersih, dan demokratis bagi guru honorer yang memiliki kompetensi baik untuk mendapatkan status dan kesejahteraan yang jelas.

Comments