Sambut Ajang Superbike dan MotoGP, Polda NTB Lakukan Percepatan Vaksinasi

Foto: Pemberian Vaksin pada Peserta Didik

edukasinfo.com | Pandemi Covid-19 belum usai, Tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) turut serta lakukan percepatan vaksinasi. Kali ini vaksinasi dosis pertama maupun kedua dilakukan di SMA Negeri 1 Pringgarata bagi pendidik, peserta didik, dan masyarakat setempat.

Kegiatan vaksinasi berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 18 dan 20 September 2021. Jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin sinovak dengan jumlah dosis yang disiapkan sebanyak 250 dosis.


Ketua Tim Vaksinasi, Kasubdit Audit Dirpamobvit Polda NTB, AKBP Drs. I Ketut Yasa Giri mengatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya percepatan vaksinasi khususnya di Kabupaten Lombok Tengah. “Sasaran vaksinasi adalah seluruh masyarakat dari umur 12 tahun ke atas,” ujarnya kepada media ini pada, Sabtu (18/9).

Lebih lanjut, Yasa Giri menjelaskan bahwa Polda NTB menargetkan proses percepatan vaksinasi selesai pada 15 Oktober 2021 mendatang. Hal ini terkait dengan pagelaran Superbike 2021 dan MotoGP 2022. “Masyarakat harus sudah divaksin minimal 70 persen dari jumlah penduduk di Lombok Tengah,” ucapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pringgarata, Derpin Hutabarat, SH.,M.Hum mengapresiasi seluruh warga sekolah dan masyarakat atas antusiasmenya mengikuti kegiatan vaksinasi.

Derpin menegaskan bahwa vaksin ini sangat aman dan sudah dilabel halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir, terlebih lagi vaksinasi dilakukan oleh dokter-dokter professional. “Vaksin ini sangat perlu untuk kesehatan masyarakat,” ungkapnya.


Sementara tim dokter dari Dokkes Polda NTB yang memberikan vaksin, dr. Ika berharap semua siswa dan masyarakat mengikuti vaksinasi, baik dosis pertama maupun kedua untuk melindungi diri dari Covid-19. “Sebisa mungkin semuanya divaksin kecuali yang ada masalah medis (penyakit),” harapnya.
Foto: Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda NTB, Kombes Pol. Turmudi, S.IK saat memberikan arahan kepada tim vaksinasi pada, Sabtu (18/9).


Untuk memastikan proses vaksinasi berjalan lancar, Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda NTB, Kombes Pol. Turmudi, S.IK beserta rombongan melakukan monitoring. Turmudi mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi karena mendapatkan respon positif dari warga sekolah maupun masyarakat setempat.

“Ini sudah bagus, nanti pusatkan saja disini (SMAN 1 Pringgarata) untuk vaksinasi bagi masyarakat umum juga,” ucap mantan Kapolresta Balikpapan Polda Kaltim itu saat memberikan arahan kepada tim vaksinasi usai melaksanakan vaksin di hari pertama.


Di tempat berbeda, Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan, S.Pd.,M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah yang sangat baik dari pemerintah untuk mengantisipasi event-event internasional di Lombok Tengah. Untuk itu masyarakat, termasuk warga sekolah harus divaksin.

Kepala sekolah menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasihnya atas peran Polda NTB yang turun langsung ke sekolah untuk memberikan vaksin kepada warga sekolah. “Alhamdulillah, berkat arahan pihak Polda NTB sehingga anak-anak kita sangat antusias mengikuti vaksin,” ucapnya pada, Senin (20/9).


H. Iwan berharap setelah kegiatan vaksin warga sekolah maupun masyarakat luas menjadi lebih sehat dan terhindar dari Covid-19. “Harapannya anak-anak kita, warga sekolah, maupun masyarakat NTB sehat semua,” pungkasnya.

Comments