Jawa Tengah Raih Juara Umum FLS2N 2021

Foto: Acara Penutupan dan Penganugerahan FLS2N 2021 secara Daring.

edukasinfo.com | Pagelaran Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021 telah usai. Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih juara umum pada ajang tersebut, dengan raihan 9 medali emas, 5 medali perak dan 4 medali perunggu.

Secara keseluruhan, terdapat 60 siswa berhasil meraih medali emas, 40 siswa meraih medali perak, dan 40 siswa meraih medali perunggu. Para pemenang berasal dari berbagai sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah dari 34 provinsi, serta 7 Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).


Atas raihan prestasi tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan apresiasi serta penghargaan kepada para peraih juara ajang bergengsi tingkat nasional tersebut.

"Pada hari ini, kita semua berbangga, generasi-generasi hebat di bidang seni telah lahir," ucap Nadiem saat menutup FLS2N tahun 2021, secara daring, pada Sabtu (4/9).


Dalam pengarahannya, Mendikbudristek mengingatkan para peserta bahwa kompetisi dan medali bukan segala-galanya. "Karena sang juara yang sesunguhnya adalah adik-adik semua, pelajar yang penuh integritas, talenta muda yang akan membawa Indonesia ke panggung dunia," ujarnya.

Meski di tengah pandemi, pemerintah Indonesia terus mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) unggul, dan calon pemimpin masa depan Indonesia yang gemilang. "Kegiatan kompetisi, lomba, dan festival ini, adalah salah satu bukti bahwa kita dapat beradaptasi dan melakukan transformasi dalam belajar dan berprestasi," tegasnya.


Hasil karya/penampilan tahap akhir FLS2N yang dinilai oleh panitia mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Sebanyak  1.220 karya/penampilan yang dihasilkan oleh 1.883 siswa yang dinilai oleh tim juri.

Adapun rincian jenis kesenian yang dilombakan pada jenjang SD yakni sebanyak lima jenis antara lain seni tari, menyanyi tunggal, kriya anyam, gambar bercerita, dan pantomim yang diikuti oleh 256 siswa dengan jumlah 160 karya.


Untuk jenjang SMP sebanyak lima lomba di antaranya, kreativitas tari, lomba menyanyi solo, gitar duet, musik tradisional, dan desain poster yang diikuti oleh 467 siswa dengan 167 karya yang sudah terdaftar.

Sedangkan pada jenjang SMA, peserta yang terdaftar sebanyak 414 siswa dengan 369 karya yang terdiri dari 11 lomba seni yaitu baca puisi, cipta lagu, desain poster, film pendek, gitar solo, komik digital, kriya, monolog, tari kreasi, vokal solo putra, dan vokal solo putri.


Selain itu, peserta dari SMK sebanyak 405 siswa yang disertai dengan 281 karya yang sudah masuk ke panitia. Sebanyak delapan lomba seni yang diikuti yakni menyanyi solo, gitar solo, film pendek, monolog, tari tradisional, musik tradisi daerah, cipta lagu, dan seni lukis.

Sementara pada jenjang pendidikan khusus, untuk SD Luar Biasa (LB), mata lomba yang digelar yakni menyanyi dan melukis. Untuk SMPLB dan SMALB melombakan cipta baca puisi, cipta komik strip, desain grafis, melukis, menari, menyanyi, Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ), dan pantomim. Jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 341 siswa dengan 243 karya.


Penyelenggaraan FLS2N tahun 2021 sendiri mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak di antaranya, Syaiful Huda (Ketua Komisi X DPR RI), Avanti Fontana (Staf Khusus Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Manajemen Talenta Nasional), dan Jumeri selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek.

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa tema yang diusung pada pagelaran FLS2N tahun 2021 yakni "Seni Pulihkan Negeri". Melalui tema ini Kemendikbudristek melakukan upaya refleksi semangat tanpa lelah para peserta didik untuk terus berjuang dan terus berdiri tegak menghadapai Covid-19 dengan berkesenian.


Acara penutupan FLS2N tahun 2021 dimeriahkan dengan menampilkan hiburan berupa tari dan menyanyi solo dari alumni FLS2N. Selain itu, penampilan lainnya yakni duet kolaborasi lagu inspiratif dengan judul "Pulihkan Negeri".

Comments