Bentuk Mental Siswa, Osis SMAN 1 Pringgarata Gelar Diklat Kepemimpinan

Foto: Pelantikan pengurus Osis SMAN 1 Pinggarata masa bakti 2021-2022

edukasinfo.com | Dalam rangka membentuk mental dan sikap kepemimpinan siswa, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Pringgarata menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan. Kegiatan ini berlangsung secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat pada tanggal 11 s.d. 12 September 2021 di SMAN 1 Pringgarata.

Kegiatan Diklat Kepemimpinan diikuti oleh seluruh anggota Osis SMAN 1 Pringgarata yang terdiri dari siswa kelas 10 dan 11 sebagai peserta dan siswa kelas 12 sebagai panitia kegiatan.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Wakasis) SMAN 1 Pringgarata, Hablul Warid menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Osis. “Disebut juga dengan ritual Osis lama ke Osis baru yang diisi dengan berbagai kegiatan dalam upaya pembentukan mental, pengembangan sikap kepemimpinan, dan lain sebagainya,” ujarnya pada Kamis (9/9).

Selain pembentukan mental dan sikap kepemimpinan siswa, kegiatan ini juga dirangkai dengan pembekalan kepada peserta berupa materi yang berhubungan dengan keorganisasian seperti administrasi dan lain sebagainya.


Lebih lanjut, Wakasis Warid berharap kegiatan ini dapat menunjukkan ciri khas masing-masing dengan tidak hanya melihat pada kostum akan tetapi pada subtansinya juga. Beberapa sikap yang diharapkan seperti sportfitas, solidaritas, dan kreatifitas.

"Perilaku Osis itu dilihat atau disorot oleh warga sekolah. Osis merupakan wajah sekolah. Oleh karena itu, sebagai anggota Osis harus mempunyai sikap bertanggung jawab," harap Wakasis dalam acara pembukaan kegiatan Diklat, pada Sabtu (11/9).


Sementara itu, salah satu peserta Diklat Kepemimpinan, Anil Baihqi mengaku antusias dalam mengikuti kegiatan. Ia merasa sangat senang karena dapat tergabung dalam organisasi kebanggaan sekolah itu sehingga dapat mengikuti salah satu kegiatan yang diadakan Osis.

"Saya merasa sangat beruntung ikut tergabung dalam organisasi ini. Apalagi kegiatan diklat kepemimpinan yang diadakan ini serasa menegangkan,” ucapnya.


Pelaksanaan Diklat Kepemimpinan sendiri merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pelantikan pengurus baru Osis SMAN 1 Pringgarata masa bakti 2021-2022. Selanjutnya dilaksanakan serah terima jabatan dari Pengurus Osis masa bakti 2020-2021 kepada Pengurus Osis yang baru, masa bakti 2021-2022.

Pelantikan pengurus Osis yang baru dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mewakili Kepala SMAN  1 Pringgarata.(Ora)

Comments