Capaian Pembelajaran (CP) Terbaru Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek


Pemulihan pembelajaran merupakan langkah implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan yang harus memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus (pandemi Covid-19). Salah satu opsi pemulihan pembelajaran guna mengatasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yaitu dengan menerapkan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi, (Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka).

Untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 008/H/KR/2022 tertanggal 15 Februari 2022. Berikut capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dan dapat dijadikan rujukan dalam implementasi Kurikulum Merdeka:


Download: Keputusan tentang Capaian Pembelajaran (CP).

Comments