Dikbud NTB Segera Umumkan Kelulusan, Berikut Tatacara dan Waktu Pelaksanaannya.



edukasinfo.com | Pemerintah melalui Kementerin Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibud-Ristek) telah menentukan waktu pengumuman kelulusan bagi peserta didik kelas XII tahun pelajaran 2020/2021. Pengumuman kelulusan jenjang SMA/SLB dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2021 dan pengumuman kelulusan untuk jenjang SMK  pada 3 Juni 2021 mendatang.

Tatacara pengumuman disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB  melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA, H. L. Muhammad Hidlir menghimbau agar pengumuman kelulusan peserta didik dilakukan secara daring/online melalui website sekolah masing-masing mulai pukul 16.00 s.d 23.00 Wita.

Meski demikian, Hidlir mengatakan pengumuman kelulusan juga dapat dilakukan secara luring/langsung di sekolah. "Kalau tidak bisa menggunakan daring, boleh luring" kata Hidlir dikutip dari laman/fanpage resmi Dikbud NTB.


Jumlah peserta didik yang akan menerima pengumuman kelulusan sebanyak 32.400 orang untuk jenjang SMA dan 141 orang untuk jenjang SLB. Sekolah dapat langsung mengeluarkan Surat Keterangan Lulus (SKL) sejak pengumuman kelulusan dikeluarkan. Proses pengumuman secara luring di sekolah diharapkan dapat menghindari kerumunan dan konvoi kelulusan.

Terkait hal tersebut, salah satu SMA di Lombok Tengah yakni SMA Negeri 1 Pringgarata mengeluarkan Surat Permakluman Pengumuman Kelulusan Tahun 2021 yang berisi:
  1. Pengumuman kelulusan melalui website resmi sekolah
  2. Larangan bagi peserta didik untuk melakukan konvoi, corat-coret seragam sekolah, mewarnai rambut, dan membuat kerumunan.
  3. SKL dapat diambil mulai hari Selasa, 4 Mei 2021 di sekolah dengan menggunakan pakaian bebas rapi (tidak diperkenankan menggunakan kaos oblong)
  4. Menerapkan protokol kesehatan 5M
  5. Peserta didik yang dinyatakan lulus diharapkan menyumbangkan seragam sekolah yang masih layak pakai.

Comments