Cabang Dinas Dikbud Loteng Maksimalkan Pendataan Peserta Didik


Loteng | Cabang Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Tengah melalui Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan dan Peserta Didik bersama Pengawas Pembina tengah melakukan pendataan peserta didik tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 19 hingga 24 September 2022 mendatang.

Pendataan peserta didik dilakukan guna memastikan validitas data peserta didik yang ada di seluruh SMA/SMK/SLB Negeri dan Swasta se-Kabupaten Lombok Tengah. Hal tersebut sesuai arahan Kepala Cabang Dinas (KCD) Dikbud Loteng, Nur Ahmad, M.Pd.


Selain melakukan validasi data peserta didik, Kasi Kelembagaan dan Peserta Didik beserta staff dan pengawas pembina juga sekaligus melakukan monitoring proses pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka dan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS), seperti yang dilakukan di SMAN 3 Praya.

Kasi Kelembagaan dan Peserta Didik Cabang Dinas Dikbud Loteng, Junaidi, S.Sos mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya penataan peserta didik yang sangat penting untuk menyiapkan data yang valid dan akuntabel.

"Sesuai arahan bapak KCD, kegiatan pendataan ini dilakukan agar data peserta didik benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan," ungkapnya pada, Selasa (20/9/2022).

Foto: Kasi Kelembagaan dan Peserta Didik Cabang Dinas Dikbud Loteng, Junaidi (baju batik) sedang memantau pelaksanaan PTS.

Lebih lanjut, Junaidi juga menambahkan bahwa tidak hanya melakukan pendataan peserta didik, melainkan memantau progress implementasi kurikulum merdeka di sekolah-sekolah binaan. Selain itu, pelaksanaan PTS juga menjadi antensi dalam kegiatan tersebut.

"Kami juga melakukan pembinaan kaitannya dengan kurikulum merdeka dan memantau PTS," pungkasnya.


Senada, Staf Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik, Suparwadi, S.Pd dalam kesempatan yang sama menyampaikan antusiasme-nya dalam menyelesaikan tugas pendataan peserta didik tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat prioritas dan memiliki urgensi yang luar biasa kaitannya dengan akuntabilitas data yang dimiliki oleh instansi.

"Ini tugas yang sangat penting dan harus segera diselesaikan. Kami terus berupaya maksimal agar prosesnya berjalan lancar dan sesuai harapan kita bersama," ucapnya saat mendampingi Kasi Kelembagaan dan Peserta Didik dalam kegiatan pendataan.

Comments