Bangun Karakter, Cabang Dinas Dikbud Loteng "Mengaji"


Bangun karakter religius, Cabang Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Tengah rutin menggelar pengajian setiap dua minggu sekali. Pengajian kali ini dilaksanakan pada Jum'at, 16 September 2022 bertempat di Aula Kebudayaan Cabang Dinas.

Pengajian dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas (KCD) Dikbud Loteng, Nur Ahmad, M.Pd beserta seluruh Pegawai, Pengawas Sekolah, dan Kepala SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Lombok Tengah.

Pemateri dalam kajian ini adalah TGH. Maliki Sami'un, Lc. Dalam kajiannya, Tuan Guru menyampaikan hikmah dari Tsamrotul Khouf yaitu manfaat rasa takut kepada Allah SWT.

KCD Dikbud Loteng, Nur Ahmad, M.Pd mengungkapkan bahwa materi tersebut sangat penting guna mendorong setiap orang untuk bekerja ikhlas, beramal sholeh, menjadikan setiap orang merasakan kejelekan adalah sesuatu yang kotor dan bisa mengendalikan syahwat-nya.

Nur Ahmad mengajak seluruh peserta kajian yang hadir untuk senantiasa selalu mengingat Allah SWT dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab. Menurutnya, sebagai makhluk yang berakal manusia harus takut akan azab dan murka-Nya.

"Semoga kita semua bisa menjadi orang yang senantiasa takut akan azab dan murka Allah, serta menjadi orang yang berakal," ucapnya mengingatkan seluruh peserta.

Sebagai tambahan informasi, Tuan Guru Maliki dalam kajiannya mengungkapkan empat tanda-tanda orang yang berakal, diantaranya; 1) orang yang meninggalkan urusan dunia sebelum dunia meninggalkannya; 2) orang yang mampu menyinari kuburnya sebelum dia masuk ke dalamnya.

Selanjutnya, 3) orang yang menjadikan Rab-Nya ridho kepadanya sebelum dia bertemu dengan Rab-Nya; dan 4) orang yang berbuat kebajikan kepada kedua orangtuanya sebelum kedua orangtuanya meninggalkannya.


Comments