Program Kerja Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA TP. 2021/2022

PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK SMAPTA




Penyusun:

MUHAMAD ALI MUIS, S.Pd
NIP. 199112312022211026





SMA NEGERI 1 PRINGGARATA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
TP. 2021/2022




LEMBAR PERSETUJUAN
EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK SMAPTA
SMA NEGERI 1 PRINGGARATA
TP. 2021-2022


Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA,




MUHAMAD ALI MUIS, S.Pd
NIP. 199112312022211026



Mengetahui:
Koordinator Ekstrakurikuler,




KHAIRUL FARIDI, S.Pd
NIP. 197207241995121001



Menyetujui:
Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata,




H. IWAN RIAWAN, S.Pd.,M.Pd
NIP. 197112311997021014




KATA PENGANTAR



Alhamdulillahirobbil’alamiin, Puji dan Syukur semata tercurahkan Kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan ridlo-Nya, sehingga kami dapat menyusun program Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA tahun pelajaran 2021/2022. Program ekstrakurikuler ini merupakan salah satu bagian dari tanggungjawab Pembina sebagai pendidik dan pembimbing dalam pengembangan bakat peserta didik di sekolah. Sholawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

Program ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA disusun sebagai pedoman pembina dalam mengelola anggota ekstrakurikuler secara baik dan terarah guna meningkatkan dan menunjang keberhasilan peserta didik dalam menempuh pendidikan di sekolah. Pembina sebagai pembimbing dan pengarah peserta didik atau anggota di sekolah yang diberi tugas untuk mengawasi, membimbing, memotivasi dan mengarahkan dan menyelesaikan masalah peserta didik agar selalu memiliki tanggung jawab untuk belajar. Dengan adanya program kerja ini diharapkan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA dapat menjadi wadah yang nyama, dan kondusif untuk berlangsungnya proses pengembangan diri anggota.

Program ekstrakurikuler ini dapat tersusun dengan berkat bantuan dan atensi dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:
  1. Bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan, S.Pd., M.Pd;
  2. Bapak Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Hablul Warid, S.Ag., M.Pd;
  3. Bapak Koordinator Ekstrakurikuler, Khairul Faridi, S.Pd;
  4. Guru-guru dan staf tata usaha ;
  5. Para anggota ekstrakurikuler Tahun Pelajaran 2021/2022
Kami menyadari dengan tersusunnya program kerja ekstrakurikuler ini masih banyak kekurangannya, sehingga kami mengharap kritik dan saran yang konstruktif dari semua pihak agar program kerja ini menjadi sempurna sehingga dapat dijadikan sebagai acuan permanen di dalam upaya peningkatan pengembangan diri peserta didik khususnya di ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA dan umumnya di SMA Negeri 1 Pringgarata.


Pringgarata, 15 Juli 2021
Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA,




MUHAMAD ALI MUIS, S.Pd
NIP. 199112312022211026




DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL.. i
LEMBAR PERSETUJUAN.. ii
KATA PENGANTAR.. iii
DAFTAR ISI iv

BAB I
A. Latar Belakang. 1
B. Dasar Hukum... 2
C. Tujuan. 3
D. Manfaat 3
E. Sasaran. 5
F. Bidang Pengembangan. 5
G. Peserta. 5

BAB II
A. Waktu dan Tempat Kegiatan. 6
B. Pembiayaan Kegiatan. 6
C. Pengurus Ekstrakulikuler KIR.. 7
D. Kualifikasi Anggota. 7
E. Tim Peliput 8
F. Perincian Tugas. 8
G. Bentuk dan Jenis Kegiatan. 10

BAB III




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang


Indonesia sebagai negara berkembang semakin dituntut untuk mampu mengikuti dan mengimabangi arus globalisasi dunia. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. Kemajuan IPTEK mengharuskan adannya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar mampu bersaing dengan negara-negara lainnya di era globalisasi saat ini. Peningkatan kualitas dan mutu sumber daya manusia tidak dapat dilakukan secara instan, tapi harus diperoleh melalui proses belajar yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, pendidikan tentu saja mempunyai andil yang sangat besar dalam proses pembentukan karakter calon generasi penerus bangsa. Masa muda adalah masa yang sarat dengan daya imajinasi, masa yang sarat akan daya kreasi, dan masa yang penuh dengan semangat untuk berbuat dan mencoba hal-hal baru. Sikap ini akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan kepada siswa yang meliputi pengamatan, penilaian, serta penumbuhan rasa memiliki, dan keterlibatan siswa dalam segala aktivitas di dalam maupun di luar sekolah.

Proses pendidikan tidak cukup apabila hanya dilakukan pada proses pembelajaran di dalam kelas. Proses pendidikan di sekolah harus ditunjang dengan adanya kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler secara berimbang, serasi dan proporsional agar terwujud siswa yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, cerdas, terampil, dan kreatif serta memiliki sikap, perilaku, pola pikir, dan keperibadian yang kokoh. Selaras dengan pemikiran tersebut, perlu ditingkatkan intensitas pembinaan terhadap kegiatan kesiswaan melalui ekstrakurikuler sebagai aktualisasi dan optimasi dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh siswa dari proses pembelajaran dalam berbagai mata pelajaran atau bidang studi.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah pembentukan bakat dan ajang kreativitas peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler adalah salah satu sarana penyaluran kreatifitas peserta didik sebagai upaya untuk mencegah peserta didik terjerumus pada pergaulan yang tidak baik, seperti narkoba dan perkelahian pelajar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuannya di berbagai bidang di luar akademik. Manfaat kegiatan ini sebagai wadah penyaluran hobi, minat, dan bakat para siswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, dan meningkatkan rasa percaya diri. Akan lebih baik apabila peserta didik mampu memberikan prestasi gemilang pada kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di luar sekolah sehingga dapat mengharumkan nama sekolah.

Sebagai manipestasi dari harapan tersebut, ekstrakurikuer Jurnalistik SMAPTA hadir sebagai warna baru di lingkungan SMAN 1 Pringgarata. Jurnalistik SMAPTA merupakan ekstrakurikuler yang paling muda diantara 23 ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Para anggota ekstrakurikuler ini melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu produk jurnalistik sesuai dengan kaidah ilmiah. Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA merupakan wadah pengembangan bakat dan minat peserta didik dalam dunia jurnalistik. Produk jurnalistik yang dihasilkan seperti artikel berita, foto jurnalistik, video, karya tulis ilmiah, artikel popular, esai, opini, serta pengelolaan website dan media sosial lainnya.

Kehadiran ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA diharapkan dapat membantu sekolah dalam melakukan publikasi dan dokumentasi kegiatan-kegiatan di dalam maupun di luar sekolah. Hal ini sesuai dengan filosofi dan semangat lahirnya Jurnalistik SMAPTA untuk menjadi pelopor dalam menyampaikan informasi dan data yang akurat, akuntabel, sistematis, dan terpercaya.

Sebagai sebuah organisasi, ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA merupakan bersifat terbuka bagi seluruh peserta didik yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini maupun masa mendatang yang berkaitan dengan dunia jurnalistik dan karya ilmiah. Agar kegiatan ekstrakurikuler ini dapat dilaksanakan secara tertib, rapi, menyeluruh dan professional maka dipandang perlu adanya perencanaan yang diwujudkan dalam sebuah program kerja ekstrakurikuler.

Dengan tersusunnya program kerja tersebut diharapkan kepala sekolah, pembina, guru pembimbing dan tenaga kependidikan lainnya, pengurus komite sekolah dan anggotanya, dan seluruh peserta didik dapat memahami tentang pengertian, tujuan, jenis dan bentuk kegiatan, serta cara pengelolaan pengembangan diri melalui ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA di SMA Negeri 1 Pringgarata.
B. Dasar Hukum
  1. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonseia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006, tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
  5. Keputusan Kepala Sekolah Nomorr 423.5/090/SMA.PR.1/VII/2021 tentang Pembagian Beban Kerja Guru Dan Tugas Tambahan Tahun 2021/2022.

C. Tujuan

Secara umum, ekstrakulikuler Jurnalistik SMAPTA di SMAN 1 Pringgarata memiliki tujuan untuk meningkatkan kreatifitas, pengalaman, dan disipin, serta daya juang siswa dalam menguasai dan mengimbangi perkembangan IPTEK untuk dapat bersaing pada era globalisasi.

Selain itu, Jurnalistik SMAPTA di SMA Negeri 1 Pringgarata juga memiliki tujuan khusus, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan peran sekolah sebagai institusi pendidikan dan pengembangan bakat siswa.
  2. Memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.
  3. Merangsang ketertarikan siswa untuk telibat dalam aktualisasi sikap-sikap jurnalis, proses-proses jurnalistik dan pembuatan produk jurnalistik sesuai dengan kaidah ilmiah.
  4. Meningkatkan kemampuan dan kreatifitas siswa dalam bidang jurnalistik
  5. Meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam usaha mengadaptaptasi, menggunakan, dan memanfaatkan, serta mengikuti perkembangan IPTEK.
  6. Meningkatkan kesadaran, disiplin, dan daya juang untuk memiliki dan menguasai IPTEK.
  7. Merangsang siswa untuk mengimplementasikan metode, teknik, serta prosedur jurnalistik.
  8. Mengembangkan sikap ilmiah, kejujuran, dan memecahkan gejala sosial melalui pendekatan jurnalistik.
  9. Sebagai pelopor dalam menyampaikan informasi dan data terkait dengan kegiatan-kegiatan di dalam maupun di luar sekolah.
D. Manfaat

Adapun manfaat yang diharapkan dari adanya ekstrakulikuer Jurnalistik SMAPTA di SMA Negeri 1 Pringgarata adalah sebagai berikut:

1. Manfaat untuk Siswa

  • Membangkitkan rasa keingintahuan terhadap fenomena sosial yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir terhadap gejala sosial melalui pendekatan jurnalistik.
  • Meningkatkan kreativitas yang menumbuhkan kemampuan berkreasi dan daya kritis.
  • Menambah wawasan mengenai dunia jurnalistik dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Meningkatkan keterampilan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bidang jurnalistik.
  • Meningkatkan minat membaca dan menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang jurnalistik.
  • Memperluas wawasan dan kemampuan komunikasi melalui pengalaman diskusi, peliputan, dan publikasi ilmiah.
  • Memperkenalkan cara-cara berorganisasi secara formal.
  • Sebagai wahana untuk menempa kedewasaan sikap dan kepribadian.
2. Manfaat untuk Guru

  • Menambah wawasan ilmu pengetahuan secara luas, khususnya di bidang jurnalistik.
  • Menambah pengetahuan dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah.
  • Meningkatkan minat membaca dan menulis serta rasa keingintahuan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, kehususnya di bidang jurnalistik.
  • Mengenal perkembangan sikap dan kepribadian siswa lebih mendalam.
  • Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup.
3. Manfaat untuk Sekolah

  • Memberikan nilai tambah dan keunggulan kompetitif bagi sekolah.
  • Meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan dan pengembangan sekolah.
  • Memeperluas hubungan kerjasama dengan instansi lainnya.
  • Meningkatkan situasi dan kondisi sekolah yang kondusif dalam belajar
  • Menambah fungsi sekolah sebagai tempat pengembangan riset atau penelitian
  • Mempermudah kerja sekolah dalam hal publikasi dan dokumentasi
4. Manfaat untuk Masyarakat
  • Meningkatkan sikap berdaya kritis dan terbuka terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungannnya
  • Membantu memberikan alternatif penyelesaian beberapa persoalan sosial budaya, seperti kenakalan remaja, dekadensi moral, dan lain-lain melalui peblikasi ilmiah dengan pendekatan jurnalistik
  • Membangun dan meningkatkan kesadaran bahwa kemajuan bangsa dapat dicapai melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dan publikasi yang benar.
  • Meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan
E. Sasaran

Sasaran dari diadakannya kegiatan ekstrakulikuler Jurnalistik SMAPTA adalah:
  1. Membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab.
  2. Membentuk kepribadian yang humanistis dan peduli terhadap lingkungan alam dan lingkungan sosial.
  3. Menumbuhkan kreativitas dan motivasi untuk berprestasi.
  4. Menumbuhkan kerjasamadan kebersamaan.
  5. Menumbuhkan sikap kritis pada siswa.
  6. Membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
  7. Menciptakan suasana yang disukai dan menggembirakan peserta didik.

F. Bidang Pengembangan

Adapun rencana pengembangan dalam bidang ekstrakulikuler Jurnalistik SMAPTA di SMA Negeri 1 Pringgarata adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Ketaqwaan kepada Tuhan YME
  2. Bidang Pendidikan dan Kader
  3. Bidang Kekaryaan
  4. Bidang Forum Dalam dan Luar Sekolah
  5. Bidang TIK

G. Peserta

Peserta yang menjadi anggota ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Pringgarata dan warga sekolah yang mempunyai minat dan bakat pada bidang jurnalistik.




BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A. Waktu dan Tempat Kegiatan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Jurnalistik SMAPTA bersifat fleksibel. Kegaiatn rutin dilaksanakan setiap hari Senin dan Selasa pukul 16.00 s.d. 17.30 WITA, bertempat di SMA Negeri 1 Pringgarata.
B. Pembiayaan Kegiatan

Untuk membiayai pelaksanaan pelatihan dan pembinaan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA di SMA Negeri 1 Pringgarata berasal dari dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) SMA Negeri 1 Pringgarata sebagai pihak penanggung jawab program ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA. Sementara untuk membiayai perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan, berasal dari pengumpulan uang kas dari peserta didik dan biaya mandiri dari peserta didik yang bersangkutan, serta fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah.

Adapun rincian kegiatan dan pembiayaan pada setiap kegiatan dalam satu tahun kegiatan sebagai berikut:

No Nama Kegiatan Waktu Tempat Biaya Ket
1 Latihan Rutin Mingguan Senin dan Selasa setiap Mingguan SMAN 1 Pringgarata -
2 Liputan Rutin Menyesuaikan Di Dalam dan di Luar Sekolah Menyelesaikan
3 Study Tour Bulanan Setiap Bulan (12 kali) Menyesuaikan @ Rp. 500.000
4 Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Sekali setahun SMAN 1 Pringgarata Rp. 7.000.000
5 Lomba-lomba Menyesuaikan Menyesuaikan Menyesuaikan

Adapun perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  1. Ruang Sekretariatan
  2. Laptop/PC
  3. Kamera
  4. Tripod
  5. Lemari
  6. Seragam
  7. ID Card/ Tanda Pengenal Diri
  8. ATK dan lain-lain.

C. Pengurus Ekstrakulikuler Jurnalistik SMAPTA
  1. Pembina/Pelatih : Muhamad Ali Muis, S.Pd
  2. Ketua : Laura Febriani
  3. Wakil Ketua : Rosmiati
  4. Sekertaris : Rila Dwi Fitria
  5. Bendahara : Amrina Rosada
  6. Bidang Ketaqwaan kepada Tuhan YME : Yuni Sucitawati
  7. Bidang Pendidikan dan Kaderisasi : Naya Safitri
  8. Bidang Karya dan Lomba : Aema Budi Purnama
  9. Program Kerja Bidang Forum Dalam dan Luar Sekolah : Refi Ameliawati
  10. Bidang TIK : Elga Liani
  11. Anggota : Seluruh anggota
D. Kualifikasi Anggota

1. Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Jurnal :
  • Rosmiati
  • Irman Muliadi
2. Essay/Opini :
  • Baiq Silvia
  • Yuni Sucitawati
3. Artikel Berita :
  • Laura Febriana
  • Aema Budi Purnama
  • Maulida Azzahra
  • Elga Liani
  • Aprilia Lovita
  • Yuni Sucitawati
4. Fotografi:
  • Naya Safitri
  • Lalu Abbi Trinyanuwari
  • Eni Nuraini
  • Liza Marlina
  • Selviana
  • Sushanti Tio
5. Video Jurnalistik:
  • Refi Ameliawati
  • Laelatul Fitri
6. Pengisi Suara:
  • Refi Ameliawati
  • Rosmiati
7. Pengelola Sosial Media
  • Desi Riskiah dan Lauran Febriani (Website)
  • Amrina Rosada (Fanpage)
  • Naya Safitri (Instagram)

E. Tim Peliput
  1. Tim 1
  2. Tim 2
  3. Tim 3
  4. Tim 4
F. Perincian Tugas

1. Pembina:
  • Bertanggung jawab mengendalikan jalannya kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA.
  • Mengontrol kehadiran peserta didik anggota ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik.
  • Membuat rencana program kegiatan jangka pendek dan jangka panjang selama 1 tahun dan mengkoordinasikannya dengan seluruh anggota ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA.
  • Menentukan target-target yang akan dicapai dalam satu tahun.
  • Menentukan jadwal kegiatan yang bersifat tidak rutin.
  • Mengadakan evaluasi internal melaporkannya kepada wakasek kesiswaan dan kepada koordinator ekstrakurikuler.
  • Memberikan latihan secara baik dan benar sesuai dengan bidangnya.
  • Mengenal peserta didik dan menjaga hubungan emosional dan keakraban dengan peserta didik anggota dalam kepengurusan dan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA sesuai dengan norma dan kaidah yang berlaku.
  • Bertanggung jawab penuh terhadap anak didiknya.
  • Koordinasi dengan kesiswaan dan koordinator ekstrakurikuler dalam hal pengadaan perlengkapan dan pembiayaan lainnya yang dibutuhkan oleh anggota ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA.

2. Ketua:
  • Bertanggung jawab atas semua kegiatan, baik latihan yang bersifat rutin ataupun latihan berkala.
  • Bersama-sama pengurus dan anggota menyusun program kerja ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA.
  • Menyusun jadwal latihan rutin bersama pengurus dan anggota ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA lainnya.
3. Wakil Ketua:
  • Membantu ketua dalam penyusunan dan pelaksanaan program kerja yang telah direncanakan.
  • Menggantikan tugas ketua apabila ketua berhalangan hadir.

4. Sekretaris:

  • Membuat catatan-catatan mengenai jalannya rapat dan atau kejadian-kejadian yang perlu penanganan khusus/ temuan-temuan khusus.
  • Menyusun konsep surat-surat yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA.
  • Membantu ketua dalam mengkoordinir anggota ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA.
  • Membuat program kerja, proposal dan laporan evaluasi dari setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA.
  • Mendata kehadiran peserta ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA setiap pelaksanaan kegiatan baik latihan rutin, atau kegiatan berkala.
5. Wakil Sekretaris:
  • Membantu sekretaris dalam melaksanakan tugasnya.
6. Bendahara:
  • Bersama-sama dengan ketua menyusun program keuangan.
  • Mengkoordinir dan mengumpulkan uang kas ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA.
  • Mengatur penggunaan keuangan sesuai dengan mata anggaran yang telah ditetapkan.
  • Membuat laporan penggunaan keuangan kepada Pembina setelah dikonsultasikan dengan Ketua.
7. Wakil Bendahara
  • Membantu bendahara dalam melaksanakan tugasnya.
8. Ketua Bidang:
  • Mengkoordinir anggota divisi
  • Menampung ide, saran dan kritik terhadap rencana kegiatan
  • Bertanggungjawab atas pelaksanaan rencana dan program kerja bidangnya
9. Anggota:
  • Mempersiapkan pelaksanaan kegiatan latihan rutin dan kegiatan berkala.
  • Melaksanakan kegiatan latihan rutin dan kegiatan berkala.
G. Bentuk dan Jenis Kegiatan

Kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA pada prinsipnya harus tidak mengganggu kegiatan akademik dan diharapkan menuju pada profesionalisme. Kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk pembinaan dan pengembangan potensi dan kemampuan siswa dalam jurnalistik. Adapun yang menjadi dasar acuan dari pembuatan program kerja ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA masa bhakti 2021/2022 adalah Visi dan Misi SMA Negeri 1 Pringgarata, terutama pada poin meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, meningkatkan kemampuan penguasaan IPTEK.
Adapun jenis kegiatan dari Jurnalistik SMAPTA SMA Negeri 1 Pringgarata adalah sebagai berikut:

1. Kegiatan Intern

Kegiatan yang telah diprogramkan dan direncanakan oleh Jurnalistik SMAPTA SMA Negeri 1 Pringgarata, baik itu kegiatan yang bersifat rutin seperti latihan mingguan, program liputan dan publikasi, study tour, maupun kegiatan yang bersifat kondisional yakni mengikuti kompetisi. Jenis materi latihan bersifat fleksibel, disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana yang telah disepakati. Selain kegiatan rutin, juga ada kegiatan berkala yang diselenggarakan dalam tempo satu tahun dalam waktu tertentu yaitu pelatihan jurnalistik tingkat dasar bagi peserta didik baru dan calon anggota baru.

a. Program Kerja Organisasi
1. Sosialisasi dan perekrutan anggota Organisasi Jurnalistik SMAPTA
2. Musyawarah Kerja Organisasi Jurnalistik SMAPTA
  • Pembubaran pengurus lama dan pembentukan pengurus Baru
  • Pembekalan anggota Jurnalistik SMAPTA
  • Pembahasan Program Kerja Jurnalistik SMAPTA
3. Workshop atau Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD)
  • Pemberian materi jurnalistik seperti penulisan artikel berita, artikel popular, karya tulis ilmiah, fotografi, video, esai, opini, serta pengelolaan website dan media sosial (youtube, facebook dan Instagram)
  • Praktik
4. Peliputan dan publikasi rutin melalui media offline dan online
5. Kemah Ilmiah
6. Lomba Jurnalistik

b. Program Kerja Bidang Ketaqwaan kepada Tuhan YME
  1. Ikut serta dalam memperingati hari-hari besar Islam
  2. Melaksanakan Bedah Buku
  3. Pengisian Rubrik Jurnalistik
c. Program Kerja Bidang Pendidikan dan Kaderisasi
  1. Melaksanakan perekrutan anggota baru
  2. Melaksanakan pengukuhan dan pembagian atribut Jurnalistik SMAPTA
  3. Melaksanakan pertemuan/latihan mingguan
  4. Pelatihan dan penulisan karya ilmiah dan kejurnalistikan
d. Program Kerja Bidang Karya dan Lomba
  1. Menghasilkan produk jurnalistik seperti berita sekolah, foto dan video jurnalistik
  2. Mempersiapkan lomba-lomba
e. Program Kerja Bidang Forum Dalam dan Luar Sekolah
  1. Study Tour
  2. Study Banding
  3. Bekrjasama dengan organisasi ektrakurikuler lainnya
  4. Bakti sosial
f. Program Kerja Bidang TIK
  1. Pelatihan pengelolaan website dan sosial media lainnya
  2. Pembuatan desain grafis dan/atau pamflet
  3. Update lomba Jurnalistik SMAPTA tingkat Sekolah, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan Nasional.
  4. Update Grup Sosial Media dan Blog/Website.

2. Kegiatan Ekstern

Kegiatan ekstern yang bersifat partisipan dengan mengikuti kegiatan yang bersifat undangan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah dan Sekolah atau Organisasi lainnya. Serta persiapan mengikuti lomba tingkat provinsi maupun nasional.




BAB III
PENUTUP

Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA merupakan salah satu bidang ekstrakurikuler dan pengembangan diri yang ada di SMA Negeri 1 Pringgarata. Tujuan dibentuknya ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA itu sendiri adalah sebagai suatu wadah untuk menampung, mengapresiasikan, mengembangkan dan menyalurkan segala potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik sebagai usaha untuk meningkatkan kreatifitas, pengalaman, dan disiplin, serta daya juang siswa dalam menguasai dan mengimbangi perkembangan IPTEK untuk dapat bersaing pada era globalisasi.

Oleh karena itu, program kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik SMAPTA yang telah disusun dan direncanakan diharapkan dapat menjadi bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan dan penyusunan program kerja mendatang. Besar harapan kami agar program kerja yang telah disusun dan direncanakan ini mendapatkan dukungan dari segi materi ataupun non materi dari berbagai pihak sehingga program kerja yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hasil yang diharapkan. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan petunjuk-Nya, serta selalu memberikan kelancaran dalam setiap pelaksanaan program yang telah disusun dan direncanakan ini sehingga dapat terlaksana serta berjalan dengan baik dan lancar serta memberi manfaat pada kita semua. Aamiin.

Comments

  1. Kerennn...jika tidak keberatan izin copas programnya pak. kebetulan saya pembina ekskul Jurnalistik juga. salam satu pena 🙏🙏

    ReplyDelete
  2. Izin bapak untuk inspirasi ke sekolah kami, terimakasih dan berkah selalu

    ReplyDelete

Post a Comment

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…