Cara Membuat Multimedia Interaktif untuk Mendukung Proses Pembelajaran


Tantangan abad 21 bagi dunia pendidikan saat ini menjadi perhatian serius guna upaya penyesuaian terhadap perubahan yang terjadi. Salah satu tantangan nyata dalam dunia pendidikan adalah tuntutan bagi guru agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi modern yang semakin canggih. Terutama dalam mendesain pembelajaran inovatif yang menarik bagi peserta didik merupakan aspek krusial dalam mencetak generasi emas yang berkarakter.

Untuk itu peningkatan kompetensi guru melalui berbagai program pemerintah gencar dilaksanakan. Hal ini diharapkan dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menghadapi revolusi industri 4.0 atau yang disebut era digital. Saat ini guru dituntut agar memiliki kompetensi keahlian yang cukup untuk memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga lebih optimal dalam penyampaian materi pelajaran di sekolah.


Kemampuan guru dalam mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran mutlak dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi oleh peserta didik. Salah satu alternatif dalam pengembangan kompetensi dan kualitas diri bagi guru adalah dengan mencoba membuat bahan ajar yang menarik dengan pemanfaatan teknologi.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mestinya mempermudah guru dalam memanfaatkan berbagai authoring tools untuk menyusun bahan ajar. Beberapa contoh authoring tools yang dapat digunakan seperti, Articulate Storyline, Lectora, dan Exe Learning.

Pada artikel kali ini akan menyajikan modul tentang cara menyusun atau membuat multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline. Pemilihan Articulate Storyline mempertimbangkan kemudahan-kemudahan yang diperoleh dalam penggunaannya dan output yang dihasilkan dapat dipublish dalam berbagai format, termasuk format XTML5.

Untuk mengetahui cara pembuatan multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline, silahkan pahami isi modul yang disusun oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai berikut:


Untuk diketahui bahwa Articulate Storyline adalah software yang cukup populer untuk membuat bahan ajar pembelajaran daring mandiri yang sangat menarik dan mudah digunakan. Software ini dapat digunakan untuk menyusun slide, video, foto, suara, teks, menyusun alur navigasi, interaksi simulasi, dan menyusun teks.

Comments