Upacara Hardiknas 2023 Semarakkan Merdeka Belajar

Foto: Upacara Hardiknas 2023 (Laman resmi Kemendikbudristek)

Jakarta, 02 Mei 2023 | Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) gelar upacara secara hibrida di halaman kantor Kemendikbudristek, Jakarta, pada Selasa (2/5/2023). Peringatan Hardiknas 2023 mengusung tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar".

Pada upacara Hardiknas 2023 ini 
Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) secara langsung memimpin upacara. Dalam amanatnya, Nadiem menyampaikan beberapa transformasi yang telah dicapai selama tiga tahun terakhir.

"Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan Kemendikbudristek kini semakin mendekatkan pendidikan pada cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat," ungkap Nadiem.

Kata Mas Menteri dikutip dari laman resmi Kemendikbudristek, saat ini anak-anak Indonesia bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Menurutnya, kini kepala daerah dan 
kepala sekolah juga lebih mudah melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pendidikan.

"Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan," ucap Menteri Nadiem .

Lebih lanjut, Mendikbudristek juga mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka menekankan pada proses pembelajaran mendalam guna pengembangan karakteristik dan kompetensi peserta didik. Selain itu, seleksi masuk perguruan tinggi negeri saat ini fokus mengukur kemampuan literasi dan bernalar calon mahasiswa.

"Adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka," jelas Mendikbudristek.

Terkait dengan 
program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), Mas Menteri juga memaparkan berbagai capaian pendanaan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Menurutnya, Kemendikbudristek telah memberikan kemudahan dalam pencairan langsung hingga fleksibilitas pemanfaatan BOS dan BOP guna meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Tak hanya itu, program beasiswa yang semakin diperluas juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menjadi semakin terbuka.

"Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan," tutur Nadiem.

Di akhir pidatonya, Nadiem mengajak masyarakat luas untuk merayakan capaian transformasi tersebut dengan syukur dan semarak atas kerja keras dan kerja sama semua pihak.

"Marilah kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan," pungkasnya.

Momentum peringatan Hardiknas 22023 juga dimanfaatkan untuk memberikan secara simbolis Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada enam orang yang mewakili 5.685 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kemendikbudristek.

Penghargaan ini diberikan kepada pegawai atas pengabdiannya dalam melaksanakan tugas penuh kesetiaan, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, dan telah bekerja secara terus-menerus dalam jangka waktu selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Adapun ketentuan seragam upacara peringatan Hardiknas 2023 masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Peserta upacara Hardiknas mengenakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sementara, Mendikbudristek memakai pakaian adat dari Provinsi Aceh. Peserta upacara sebanyak 443 orang pejabat dan pegawai di lingkungan Kemendikbudristek dan perwakilan peserta didik yang mengikuti upacara secara luring.

Selain itu, sebanyak 1.000 orang peserta hadir mengikuti upacara secara daring. Jumlah peserta daring terdiri dari peserta didik berprestasi, duta teknologi, Guru dan Kepala Sekolah Penggerak, mahasiswa penerima KIP Kuliah dan ADIK, Laskar Rempah, serta mahasiswa program MBKM.

Upacara Hardiknas kali ini juga dihadiri oleh Wardiman Djojonegoro selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 1993-1998 pada Kabinet Pembangunan VI; dan Bambang Sudibyo selaku Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2004-2009, Kabinet Indonesia Bersatu.

Semarak upacara Hardiknas tahun ini juga dimeriahkan oleh Orkestra Ruang Bunyi dan Vokalis Pemenang FLS2N tahun 2022, penampilan Kita Cinta Lagu Anak (KILA), permainan tradisional dari sekolah adat, serta tari tradisional Jai Bajawa dari NTT.

Comments