Pengelola PIP Terbaik Tahun 2021 Mendapat Apresiasi Kemendikbudristek


Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan Apresiasi dan Penghargaan Pengelola Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2021 guna menumbuhkan praktik baik dan inovasi kinerja dalam melaksanakan PIP.

Apresiasi dan penghargaan ini diberikan kepada mitra utama pengelola PIP, yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Perguruan Tinggi, dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mengatakan melalui apresiasi dan penghargaan ini, pengelola PIP di seluruh Indonesia diharapkan dapat terus terpacu dalam memberikan layanan yang lebih baik dalam mengelola PIP.


"Semakin baik pengelolaannya, maka hasilnya juga akan semakin baik," ucap Suharti pada Malam Apresiasi dan Pemberian Penghargaan Pengelola PIP Terbaik Tahun 2021 di Jakarta, Jumat (17/6).

Lebih lanjut Suharti mengatakan pemberian penghargaan ini diharapkan dapat mendorong mitra utama pengelola layanan PIP untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi seperti ketepatan sasaran penerima program.

"Kita ingin memastikan bahwa memang anak-anak kurang mampulah yang mendapatkan bantuan ini dari SD hingga perguruan tinggi. Sehingga memberikan peluang kepada mereka untuk bisa mengikuti pendidikan," harapnya.


Senada, Kepala Puslapdik Kemendikbudristek, Abdul Kahar mengatakan melalui penghargaan ini Kemendikbudristek ingin mendorong Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten sebagai pengelola PIP tingkat pendidikan dasar, Dinas Pendidikan Provinsi sebagai pengelola PIP tingkat pendidikan menengah, dan perguruan tinggi serta LLDikti sebagai pengelola PIP tingkat pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab yang sama dalam menyukseskan PIP.

"Program ini (PIP) adalah program bersama dan yang menjadi sasaran adalah anak-anak bangsa Indonesia. Jadi kami ingin mendorong mitra utama merasa bertanggung jawab, merasa memiliki program ini sehingga keterlibatan mereka sangat kita harapkan," ujar Abdul Kahar.

Sebagai informasi, jumlah sasaran penerima PIP tingkat pendidikan dasar dan menengah tahun 2021 sebanyak 17,9 juta siswa dan sasaran penerima PIP tingkat pendidikan tinggi sebanyak 200 ribu mahasiswa baru setiap tahunnya.


Adapun daftar penerima penghargaan pengelola PIP Terbaik Tahun 2021 kategori 
Pendidikan Dasar dan Menengah kategori Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yaitu, Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng sebagai terbaik pertama, Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap sebagai terbaik kedua, dan terbaik ketiga diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Utara.

Sementara, penghargaan pengelola PIP Pendidikan Dasar dan Menengah kategori Dinas Pendidikan Provinsi diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Bali sebagai terbaik pertama, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau sebagai terbaik kedua, dan terbaik ketiga diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, pengelola PIP Pendidikan Tinggi kategori Perguruan Tinggi Akademik, diberikan kepada Universitas Negeri Medan sebagai terbaik pertama, Universitas Bengkulu sebagai terbaik kedua, dan terbaik ketiga diberikan kepada Universitas Lampung.


Adapun penghargaan pengelola PIP Pendidikan Tinggi kategori Perguruan Tinggi Vokasi, diberikan kepada Politeknik Negeri Sambas sebagai terbaik pertama, Politeknik Negeri Ketapang sebagai terbaik kedua, dan terbaik ketiga diberikan kepada Politeknik Negeri Bengkalis.

Kemudian, untuk kategori LLDikti, terbaik pertama diberikan kepada LLDikti wilayah VI, terbaik kedua diberikan kepada LLDikti wilayah IX, dan terbaik ketiga diberikan kepada LLDikti Wilayah VIII.

Penerima penghargaan dipilih berdasarkan penilaian menggunakan beberapa indikator antara lain kinerja pengelolaan, ketetapan sasaran, kualitas penerima dan pembinaan serta pelaporan. Penilaian pengelola PIP tingkat dikdasmen dilakukan terhadap 514 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan 34 Dinas Pendidikan Provinsi. Sedangkan penilaian pengelola PIP Dikti dilakukan terhadap 122 Perguruan Tinggi Negeri dan 16 LLDIKTI.

Comments