Mengenal Model CIPPO dalam Evaluasi Pembelajaran


Evaluasi model CIPPO belakangan cukup dikenal oleh semua kalangan akdemisi. CIPPO merupakan akronim dari Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation, Product Evaluation dan Outcome. Makna dari setiap komponen CIPPO dapat dijelaskan sebagai berikut:


1. Context  Evaluation (Evaluasi  Konteks)
Komponen evaluasi konteks pada model CIPPO berfungsi untuk menggambarkan lingkungan,  kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program. Komponen ini dapat mendiagnostik suatu kebutuhan yang seharusnya tersedia.

2. Input  Evaluatio (Evaluasi  Masukan)
Evaluasi masukan berfungsi untuk  menilai kemampuan awal peserta didik dan sekolah dalam menunjang program, diantaranya kemampuan sekolah dalam menyediakan sarana  prasarana dan lainnya. Evaluasi masukan juga memiliki tujuan untuk menyajikankan informasi yang selanjutnya menentukan bagaimana sumber daya yang tersedia dapat   mendukung pelaksanaan program.


3. Process Evaluation (Evaluasi Proses)
Evaluais proses dalam model CIPPO berkaitan dengan "apa" kegiatan yang dilakukan dalam program, "siapa" yang menjadi penanggung jawab program, "kapan" kegiatan dilaksanakan dan selesai. Evaluasi proses diarahkan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan dilaksankana sesuai dengan rencana. Artinya, hal ini dilakukan untuk pengecekan berkelanjutan atas implementasi rencana.

4. Product Evaluation (Evaluasi Produk)
Komponen CIPPO selanjutnya yakni, evaluasi produk. Komponen ini bertujuan untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program. Evaluasi produk diarahkan pada hal-hal yang menunjukkan perubahan yang terjadi setelah ada masukan atau input.


5. Outcome Evaluation (Evaluasi Keluaran)
Terakhir, komponen evaluasi keluaran. Komponen ini merupakan evaluasi yang berkaitan dengan manfaat menunjuk pada hasil keluaran dari implementasi program, seberapa besar manfaat program bagi guru, peserta didik, sekolah, dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian di kelas.

Pada dasarnya, evaluasi model CIPPO dapat membantu guru menganalisis setiap karakteristik peserta didik secara akurat.

Comments

Post a Comment

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…