Wujudkan Relawan Muda Berkarakter, PMR Wira SMAN 1 Pringgarata Gelar Diklatsar

Foto: Acara pembukaan orientasi Diklatsar PMR Wira SMAN 1 Pringgarata

edukasinfo.com | Wujudkan relawan muda yang berkarakter, Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMA Negeri 1 Pringgarata menggelar kegiatan Orientasi Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) bagi anggota baru tahun 2021.

Kegiatan Diklatsar diselenggarakan pada tanggal 23 - 24 Oktober 2021 di SMA Negeri 1 Pringgarata. Tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu "Mewujudkan Relawan Muda yang Berkarakter, Berattitude dan Intens dalam Berakademik.


Jumlah peserta yang mengikuti orientasi sebanyak 30 orang. Kegiatan berlangsung pada pagi dan malam hari dengan materi-materi kepalangmerahan yang disampaikan oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya.

Ketua Panitia Diklatsar, Ariyandi Darmawansyah mengatakan, kegiatan orientasi merupakan upaya menempa anggota baru agar lebih siap menghadapi tantangan global di masa depan. "Setidaknya ada pondasi dasar untuk menunjang masa depan mereka," ujarnya pada, Minggu (24/10).


Dalam kesempatan yang sama, Pembina Ekstrakurikuler PMR Wira SMA Negeri 1 Pringgarata, M. Rijalul Kirom, S.Pd., menyampaikan apresiasi kepada panitia dan peserta atas terlaksananya kegiatan dengan lancar. "Alhamdulillah kegiatan orientasi tahun 2021 ini tergolong sangat meriah acaranya," ungkapnya.

Meski demikian, Rijal menyadari bahwa masih banyak aspek kegiatan yang harus diperbaiki untuk penyelenggaraan Orientasi Diklatsar yang lebih baik di masa mendatang. Menurutnya, kedisiplinan peserta, panitia, dan para tamu undangan harus ditingkatkan. "Selain itu kebersihan dan kesehatan harus tetap dijaga," tegasnya.


Disamping itu peserta orientasi Diklatsar, Sonita Mahayani mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti kegiatan. Sonita merasa kegiatan ini sangat memfasilitasi kebutuhan masa depan. "Saya sangat senang, materi yang diberikan sangat bermanfaat dan kegiatannya seru," ucap remaja kelas X IPS 4 itu.

Sebagai informasi, mewakili kepala sekolah kegiatan Orientasi Diklatsar dibuka oleh Koordinator Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Pringgarata, Suparwadi, S.Pd., pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Comments